12 Inspirasi Desain Kolam Renang di Lahan Sempit

Berenang tidak hanya menjadi aktivitas yang menyenangkan saat bersama keluarga, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu contohnya adalah berenang terbukti mampu membantu menurunkan tekanan darah sekaligus membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Bagi anak-anak berenang dapat membantu mempercepat pertumbuhan tulang serta melatih otot-otot pernapasan.

Banyak keluarga yang menginginkan kolam renang di rumah sendiri karena bisa dengan leluasa berenang sesuai keinginan. Namun, banyak pula keluarga yang memiliki rumah dengan lahan yang cukup sempit. Tetapi, hal ini bukan menjadi penghalang terbesar untuk dapat memiliki kolam renang idaman sendiri di rumah walaupun hanya tersisa lahan yang sempit. Anda dapat bebas berkreasi membangun kolam renang impian di tengah keterbatasan tersebut.

 

Desain Kolam Renang di Lahan Sempit

Berikut kami paparkan beberapa inspirasi menarik mengenai desain kolam renang di lahan sempit.

1. Above-Ground Pool

Kolam renang di atas tanah tidak memerlukan proses penggalian tanah dalam langkah pembuatannya. Hal ini karena posisi kolam renang berada di atas tanah dengan suatu bak yang terbuat dari kayu atau material lain sebagai penampung air. Desain kolam renang jenis ini bersifat fleksibel dan portibel karena mudahnya pemindahan kolam renang sesuai dengan keinginan. Ketika Anda berubah pikiran untuk mengubah posisi kolam renang atau bahkan meniadakan kolam renang akan lebih mudah dan tidak merusak lingkungan karena sifatnya yang fleksibel dan portabel tersebut. Tentu banyak sekali keunggulan dari desain kolam renang ini.

Proses perencanaan, perancangan, dan pemasangan kolam renang above-ground memakan waktu yang relatif singkat. Anda tidak perlu repot-repot melakukan penggalian tanah dan mudah membangunnya sesuai dengan ukuran yang dikehendaki seperti ketinggian kolam renang yang sesuai dengan ukuran kayu atau material lain yang digunakan. Tanpa adanya proses penggalian tanah, Anda juga dapat menghemat biaya pengerjaan kolam renang.

Pertimbangan keamanan menjadi faktor penting dalam membuat kolam renang, terutama jika Anda memiliki anak kecil. Kolam renang yang berada di atas tanah jauh lebih aman daripada kolam renang yang berada di dalam tanah. Kondisi kolam renang seperti ini dapat meminimalisir resiko anak kecil untuk jatuh ke kolam renang dan kemudian tenggelam atau resiko bahaya lainnya.
Perawatan kolam renang above-ground lebih mudah dan biayanya juga lebih murah. Sebab, kolam renang yang berada di atas tanah secara alamiah kotoran, puing-puing material, dan biota air yang mencemari air juga relatif lebih sedikit. Selain itu perbaikannya juga mudah karena tidak dibangun di dalam tanah.

2. Lap Pool

Kolam renang berbentuk lintasan ini cocok diterapkan pada kondisi lahan yang sempit memanjang. Posisi kolam renang ini biasanya sejajar dengan rumah tepat di dinding atau di pagar. Kebanyakan, tujuan utama pembangunan kolam renang lintasan adalah untuk kebugaran (fitness) dan kesehatan.

3. Rectangular Pool

Bagi Anda yang hanya memiliki budget minimal untuk pembuatan kolam renang dan tidak ingin ribet dalam proses pembuatannya, desain kolam renang ini cocok untuk Anda. Bentuknya persegi panjang biasa sehingga tidak memerlukan biaya lebih untuk rancangan desain. Selain itu material yang diperlukan hanya sedikit dan sederhana jadi Anda bisa menghemat pengeluaran untuk pembuatan kolam renang. Bentuk rectangular pool mirip dengan lap pool namun yang membedakan adalah lebar kolam renang lap pool lebih sempit karena untuk berolahraga fitness.

4. Circular Pool

Bentuk dari kolam renang ini adalah lingkaran sehingga ruang gerak Anda ketika berenang pun juga akan sempit. Namun, sama halnya dengan rectangular pool, kolam renang ini memiliki esain yang simpel serta materialnya hanya sederhana sehingga membutuhkan biaya pembuatan dan perawatan yang murah pula.

5. Freeform Pool

Pemilihan kolam renang dengan bentuk bebas cocok bagi Anda yang memiliki tempat yang sempit dan terbatas. Ukurannya dapat disesuaikan dengan halaman belakang rumah. Bentuknya juga fleksibel dengan mengoptimalkan lahan yang ada. Anda dapat berkreasi menciptakan kolam renang yang indah dengan menambahkan beberapa dekorasi seperti tanaman dan bebatuan.

6. Plunge Pool

Model kolam renang ini sangatlah sederhana. Ukuran volumenya sangat kecil, cocok bagi Anda yang hanya ingin bersantai di kolam renang untuk melepas penat tanpa banyak gerakan di kolam renang. Karena ukurannya yang kecil maka budgetnya pun juga sedikit karena material yang material kolam renang dan pekerjanya pun hanya sedikit.

7. Spool (SPA and Pool)

Jenis kolam renang ini merupakan perpaduan SPA dan kolam (pool) yang memberikan efek relaksasi bagi penggunanya. Air yang ada di kolam renang tersebut adalah air hangat sehingga dapat membantu merelaksasi otot dan syaraf yang tegang. Air hangat bersumber dari adanya heater atau pemanas yang menghangatkan air di kolam renang. Pemanas ini tentunya juga memerlukan daya ekstra sehinga biaya yang dikeluarkan juga harus lebih. Kolam renang spool biasanya memiliki fasilitas kursi dan fitur-fitur pendukung untuk relaksasi.

8. Indoor Pool

desain kolam renang di lahan sempit

Apabila rumah Anda tidak memiliki lahan di halaman belakang sama sekali, mungkin Anda bisa terapkan desain kolam renang di dalam ruangan. Kondisi kolam renang ini sangat cocok apabila menginginkan relaksasi di kolam renang kapan saja tanpa terkena panasnya sinar matahari. Desain indoor pool biasanya simpel, geometris, dan tidak memerlukan beberapa elemen tambahan seperti rumput, bebatuan, atau ornamen tambahan lain.

9. Natural Pool

Kolam jenis ini memiliki rancangan desain gaya bebas atau gaya pedesaan. Biasanya letak kolam renang ini berada di dalam tanah dan seakan-akan menyatu dengan alam. Anda bisa berenang sambil menikmati segarnya udara dan hijaunya pohon di sekitar kolam renang. Perpaduan ornamen bebatuan besar dan kecil, air terjun kecil buatan, serta beberapa tanaman atau pohon akan menambah kesan natural pada kolam renang ini.

Sebagian besar kolam renang dengan desain ini akan berlapis dengan karet ataupun polyethylene sebagai penguatnya. Sistem sirkulasinya akan menarik air melalui zona regenerasi kemudian menyalurkan air melalui dinding batu, ubin-ubin yang renggang, dan kerikil. Bakteri ramah alami yang terdapat pada kolam renang memiliki fungsi sebagai filter biologis tambahan. Tidak seperti halnya dengan kolam renang buatan biasa yang cenderung keruh karena adanya limpasan air tanah.

Biaya pembangunan natural pool lebih mahal daripada membangun kolam renang biasa. Sebab perlu biaya ekstra untuk desain lanscape kolam renang tersebut. Untuk perawatan jika kita sibuk harus memerlukan tukang taman karena harus merawat tanaman di sekitar kolam renang seperti tanaman air. Kolam renang jenis ini ramah lingkingan, bebas klorin, sehingga aman bagi orang yang memiliki alergi khusus terhadap bahan kimia untuk kolam renang.

10. Garden-side Pool

Kolam renang ini dibangun tanpa harus membongkar dan memindahkan taman yang Anda miliki. Cukup membangunnya pada area yang kira-kira cocok. Sambil berenang, Anda juga dapat menikmati keindahan taman dan pepohonan yang menyejukkan mata. Kolam renang di tengah taman ini akan terlihat seperti danau yang cantik.

11. Petite Infinity Pool

desain kolam renang di lahan sempit

Ini adalah sebutan untuk kolam renang yang sebagian sisinya terlihat tak memiliki batas sehingga menciptakan ilusi kolam renang yang luas. Desain kolam renang ini cocok untuk wilayah lereng atau tebing. Anda dapat bersantai menikmati pemandangan alam yang indah sambil berendam di kolam renang atau sekedar duduk di pinggir kursi samping kolam renang. Lebih indah lagi jika sisi yang terlihat tak memiliki batas mengarah ke arah matahari terbenam sehingga Anda dapat menikmati sunset di sore hari.

Kekurangan desain ini adalah harga pembuatannya yang sangat mahal. Perlu keahlian khusus dan pekerja yang profesional dalam pembangunannya karena harus memotong kontur lereng. Selain itu juga butuh pertimbangan yang matang dari segi keamanan dan perhitungan kekuatan konstruksi. Karena harganya yang mahal maka jarang ada desain kolam renang seperti ini di rumah pribadi. Biasanya jenis kolam renang ini terdapat di hotel berbintang lima atau bangunan kelas atas yang mewah.

12. Kids Pool

Kolam renang untuk anak-anak dan untuk orang dewasa sebaiknya dibedakan karena kedalamannya juga berbeda. Takutnya apabila anak-anak berenang di kolam renang orang dewasa, akan terjadi hal yang membahayakan nyawa si kecil seperti tenggelam. Ukuran dan volume kolam renang anak-anak hanya kecil sehingga membutuhkan sedikit materi dan biayanya pun juga akan murah.

 

Tips Membuat Kolam Renang di Lahan Sempit

Ingin punya kolam renang idaman namun tidak punya lahan di rumah yang luas untuk membangun kolam renang? Atau Anda punya lahan kecil tapi bingung ingin memanfaatkannya menjadi apa? Kolam renang dengan desain minimalis di lahan sempit cocok untuk permasalahan Anda.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda praktekkan untuk membuat desain kolam renang di lahan sempit:

  1. Mengetahui luas minimal kolam renang. Misal kita ingin membuat kolam renang berukuran 6 x 2 meter berbentuk memanjang maka lahan yang dibutuhkan adalah 8 x 2 meter.
  2. Memilih sistem skimmer yang minimalis. Sistem skimmer adalah sistem pengairan yang mempu membersihkan kolam renang secara otomatis.
  3. Menggunakan material kasar sebagai dasar kolam renang seperti kerikil, batu hias, atau keramik kasar agar tidak mudah tergelincir.
  4. Lebih baik di sekitar kolam terdapat tanaman pelindung yang melindungi dari terik sinar matahari di siang hari. Usahakan agar daunnya yang tidak mudah rontok agar kola renang tidak cepat kotor.
  5. Pilihan bahan konstruksi kolam renang ada 2 yaitu beton dan fiber. Bahan beton memiliki kerapatan tinggi, kuat, serta awet namun harganya mahal. Apabila Anda hanya memiliki modal yang terbatas sebaiknya pilih bahan fiber.
  6. Kedalaman kolam renang bisa sekitar 1-1,5 meter sesuai keinginan Anda. Semakin pendek maka budget juga akan semakin sedikit.

 

Tips Merawat Kolam Renang

Walaupun kolam renang Anda hanya kecil, tetapi tetap saja kebersihannya harus terjaga dengan baik agar kolam renang tidak menjadi sarang kuman dan penyakit.

Berikut beberapa cara sederhana untuk merawat kolam renang:

  • Menggunakan filter air untuk memisahkan kotoran dan air kolam renang. Semakin tinggi kapasitas filter air maka kualitas air juga semakin baik.
  • Membersihkan kolam renang secara rutin untuk mencegah tumbuuhnya lumut. Lumut sangat suka tumbuh di tempat berbatu dan lembab.
  • Sikatlah kerak yang terdapat pada lantai ataupun pinggiran kolam renang. Gunakan Algaecidae seminggu sekali guna menghambat pertumbuhan ganggang air.
  • Apabila terdapat sampah yang kasat mata seperti sampah plasti dan dedaunan dapat menggunakan jaring untuk mengambilnya.
  • Sebaiknya jaga keasaman kolam renang yaitu berkisar 80-120 ppm. Anda dapat menambahkan baking soda untuk menyeimbangkan keasamannya.

Nah, menarik bukan pilihan desain kolam renang untuk lahan sempit tersebut? Tips untuk pembuatan dan perawatan kolam renang juga menjadi hal penting untuk Anda perhatikan dalam membangun kolam renang.

Apabila Anda membutuhkan jasa kontraktor kolam renang Jakarta Anda dapat menghubungi Idealpools agar pembuatan kolam renang impian Anda memuaskan. Kontraktor Kolam Renang Jakarta Idealpools memiliki berbagai portofolio desain kolam renang di lahan sempit yang sangat indah. Pekerja Idealpools juga profesional dan telah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun dalam pembangunan dan perawatan kolam renang.