3 Cara Menjaga PH Air Kolam Renang

3 Cara Menjaga PH Air Kolam Renang Agar Tetap Seimbang

3 Cara Menjaga PH Air Kolam Renang Agar Tetap Seimbang

Cara menjaga PH air kolam renang agar tetap seimbang- Air yang keruh dan tidak jernih menjadi salah satu masalah yang sering ditemukan pada setiap kolam renang. Tidak hanya mengganggu keindahan tampilan kolam renang, air yang keruh juga dapat membuat berbagai masalah kesehatan, terutama kulit, saat berenang jika tidak segera diatasi.

3 Cara Menjaga PH Air Kolam Renang

Salah satu penyebab dari keruhnya air pada kolam renang adalah ketidakseimbangan PH dalam air. Oleh karena itu, untuk menjaga air kolam renang Anda tetap jernih dan sehat, Anda perlu menjaga kadar keasaman (pH) dalam air. Untuk menjaga keseimbangan pH air kolam renang, Anda dapat melakukan cara-cara yang biasanya juga dilakukan oleh jasa perawatan kolam renang seperti berikut ini.

1. Melakukan Tes Kit

Cara menjaga pH air kola renang agar tetap seimbang pertama kali adalah dengan melakukan tes kit. Tes kit berfungsi untuk melihat kadar klorin dan juga keasaman (pH) pada air kolam renang Anda. Cara untuk menggunakan tes kit juga terbilang cukup mudah. Pertama, bersihkan terlebih dahulu dua tabung pada tes kit beberapa kali hingga benar-benar bersih. Kemudian isikan air kolam renang ke dalam kedua tabung tersebut hingga pada garis maksimal tabung. Air yang diisikan ke dalam tabung adalah air kolam renang dengan kedalaman 30 cm dari permukaan air.

plus minus membersihkan kolam renang dengan kaporit

Selanjutnya, teteskan sebanyak 5 kali oto indicator solution ke tabung A, dan phenol red indicator solution pada tabung B. Oto indicator solution digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap kadar klorin, sedangkan phenol red indicator solution digunakan untuk mengece kadar keasaman (pH) air. Pastikan tabung tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Jika sudah, tutup kedua tabung, kemudian kocok hingga tercampur. Setelah beberapa saat, bandingkan warna pada tabung dengan warna pembanding masing-masing. Kadar yang ideal untuk klorin dalam air adalah 1,0 hingga 1,5. Sedangkan kadar ideal pH dalam air dalah 7,2 hingga 7,6. Dengan mengetahui kadar keasaman pada air kolam, Anda dapat mengaturnya apabila terlalu rendah maupun terlalu tinggi dengan menggunakan bahan kimia.

2. Menambahkan Kaporit atau Granular

Apabila kadar keasaman (pH) dalam air kolam renang lebih tinggi dibandingkan dengan kadar klorin, maka yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan kaporit atau granular ke dalam kolam renang. Kadar kaporit yang disarankan adalah 90%. Cara penggunaan kaporit atau granular ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyebarkan atau menuangkan granular ke permukaan air kolam renang. Namun, sebelum menuangkan kaporit ke dalam kolam renang, sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan vacuum pada kolam renang, agar bebas dari kotoran ataupunn debu. Dengan begitu, granular dapat bekerja secara maksimal. Setelah kaporit dituang, pastikan Anda menyalakan sistem filtrasi selama kurang lebih 8 jam. Selain granular, terdapat juga kaporit dalam bentuk tablet yang dapat Anda gunakan untuk menaikkan kadar keasaman air pada kolam renang Anda. Jika menggunakan kaporit tablet, Anda cukup menggunakan 2 atau 3 butir saja dan masukkan ke dalam kolam renang.

3 Cara Menjaga PH Air Kolam Renang

3. Menambahkan HCL

Selain menggunakan kaporit, cara menjaga PH air kolam renang agar tetap seimbang selanjutnya adalah dengan menggunakan HCL. Cara menggunakan HCL sama halnya dengan menggunakan kaporit. Hanya saja, pastikan Anda menggunakan sarung tangan dan juga masker ketika menuangkan HCL ke dalam air kolam renang. Hal ini dikarenakan kandungan HCL yang cukup keras dan dapat membahayakan kulit.

Tiga cara menjaga pH air kolam renang agar tetap seimbang tersebut dapat Anda coba di rumah agar kolam renang Anda tetap jernih dan sehat. Pastikan Anda melakukan pengecekan secara rutin agar kadar klorin dan juga pH dalam air kolam renang Anda tetap ideal. Namun, jika Anda memiliki kesibukan ataupun rutinitas yang cukup padat, Anda dapat menyerahkan masalah ini ke jasa kontraktor kolam renang Idea Pools. Dengan pekerja profesional dan juga pengalaman selama 20 tahun dalam membuat, merawat, dan juga merenovasi kolam renang, segala masalah yang berhubungan dengan kolam renang Anda tentunya akan dapat tertangani dengan baik.