3 Cara Mudah Mengatasi Kolam Renang Berlumut

Kolam Renang Berlumut

Mengatasi kolam renang berlumut– Kolam renang seringkali digunakan untuk berolahraga ataupun sekedar bermain air dan berkumpul dengan keluarga. Akan tetapi, aktivitas tersebut bisa saja terganggu apabila kolam renang tampak kotor dan kehijauan. Warna kehijauan pada kolam renang ini biasanya diakibatkan oleh tumbuhan alga ataupun lumut.

Kolam renang berlumut biasanya disebabkan olleh beberapa faktor, misalnya kadar klorin pada kolam yang terlalu rendah atau pH (Keasaman) yang tidak stabil, kotoran yang mengendap, bahan kimia yang tidak sesuai, ataupun karena faktor cuaca. Untuk mengatasinya, berikut adalah tiga cara mudah yang dapat Anda lakukan.

1.   Memeriksa Kadar Klorin dan Keasaman Air secara Rutin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab kolam renang berlumut adalah kadar klorin ataupun kaporit dalam air yang begitu rendah. Oleh karena itu, cara mengatasi kolam renang berlumut yang pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap kadar klorin dan juga pH atau tingkat keasaman air pada kolam secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk menentukan langkah apa yang perlu diambil guna mengatasi lumut lumut pada kolam renang. Lakukan pengecekan kadar klorin dan pH air kolam secara rutin, setidaknya setiap dua minggu sekali.

 

2.   Membersihkan Kerak Pada Dinding dan Dasar Kolam

Jika anda melihat lumut atau kerak pada kolam renang Anda, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan dinding dan juga dasar kolam renang. Anda dapat menggunakan jasa perawatan kolam renang jika Anda merasa malas untuk membersihkan kerak pada kolam renang Anda. Namun, jika Anda berniat melakukannya sendiri, cara pertama adalah siapkan sikat atau pool brush dan juga cairan karbol. Untuk membersihkan lumut atau kerak pada dinding dan dasar kolam renang, Anda dapat menggunakan sikat atau pool brush.

Sebelum membersihkan kerak dan lumut pada kolam renang, sebelumnya Anda harus menguras terlebih dahulu air pada kolam renang. Setelah air asat, langkah selanjutnya adalah menyikat setiap bagian dinding dan juga dasar kolam renang dengan menggunakan sikat atau pool brush dan juga cairan karbol yang biasa dipakai sebagai pembersih lantai atau kamar mandi. Pastikan Anda menyikat seluruh bagian pada kolam renang tanpa ada yang tertinggal agar lumut mati dan mengendap ke dasar kolam. Setelah selesai,  Anda dapat membilas kolam renang hingga bersih dan kemudian mengisi kembali kolam renang dengan air.

3.   Menggunakan Obat Anti Lumut

Langkah ketiga adalah dengan menggunakan bahan kimia atau chemical anti lumut pada kolam renang. Bahan kimia yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi lumut pada kolam renang antara lain klorin dan juga granular. Cara penggunaan kedua bahan kimia tersebut berbeda. Anda cukup menggunakan salah satunya saja.

Jika menggunakan klorin, Anda perlu menyiapkan sebanyak 1,5 kilogram klorin. Cara menggunakannya, tuangkan klorin ke dalam ember berisi air. Kemudian, aduk dan tunggu beberapa saat. Apabila klorin telah mengendap pada dasar ember, tuangkan larutan ke dalam kolam. Pastikan endapan klorin tidak ikut tertuang. Isi kembali ember dengan air dan lakukan langkah yang sama seperti sebelumnya setidaknya sampai 3 kali. Jika sudah selesai, endapan klorin pada ember dapat Anda buang.

Berbeda dengan klorin, untuk membersihkan kolam berlumut menggunakan granular, Anda hanya membutuhkan 1 kilogram granular saja. Carannya, taburkan granular secara langsung ke seluruh permukaan klam renang secara merata. Biarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, masukkan bahan kimia tambahan, yaitu Soda Ash pada kolam renang. Tuangkan saja secara langsung soda ash ini ke permukaan kolam renang. Fungsi soda ash adalah untuk menambah kadar pH atau keasaman air pada kolam renang. Selanjutnya, siapkan bahan kimia ketiga yaitu, trussi. Penggunaan trussi tidak langsung dituang ke dalam kolam renang, melainkan tuang terlebih dahulu ke ember berisi air. Untuk jenis kolam dengan kubikasi air 60 meter kubik, gunakan trussi sebanyak 0,5 kg. Setelah itu, aduk trussi hingga larut. Jika sudah larut, maka Anda dapat menuangnya ke dalam kolam renang. Trussi ini memiliki fungsi untuk menjernihkan air serta membunuh lumut dan juga alga pada kolam renang.

Tiga cara mudah mengatasi kolam renang berlumut di atas dapat Anda lakukan sendiri. Akan tetapi, jika Anda memiliki kesibukan lain sehingga tidak memiliki waktu untuk membersihkan kolam renang Anda, Anda dapat menggunakan jasa Ideal Pools. Ideal Pools adalah salah satu perusahaan kontraktor kolam renang berpengalaman yang memberikan pelayanan pada pembuatan, perawatan, dan juga renovasi kolam renang. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan untuk mengatasi kolam renang berlumut Anda, ditengah-tengah kesibukan.