tips membuat kolam renang anak

3 Tips Membuat Kolam Renang Anak di Lahan Minimalis

Tips membuat kolam renang anak di lahan minimalis akan sangat berguna bagi Anda yang saat ini masih bingung bagaimana menyiasati lahan sempit di rumah Anda agar tetap bisa dimanfaatkan untuk membuat kolam renang untuk anak-anak. Dalam pembuatan kolam renang anak, ada hal-hal yang harus Anda persiapkan agar pemanfaatan lahan bisa lebih dioptimalkan dan Anda pun bisa menghemat waktu dalam mewujudkan kolam renang tersebut. Yuk, simak berbagai tips berikut ini!

tips membuat kolam renang anak

1. Melakukan Perencanaan Pembuatan Kolam Renang Anak

Ada dua hal yang harus Anda perhatikan dalam merencanakan pembuatan kolam renang anak, yakni menentukan konsep dan desain, serta mencari kontraktor pembuat kolam renang tersebut.

Mengapa konsep dan desain penting untuk direncanakan? Sebab, lahan yang Anda miliki cukup sempit, maka Anda harus memilih konsep serta desain kolam renang anak yang sesuai dengan kondisi lahan tersebut.

Sementara itu, Anda juga perlu mempertimbangkan penggunakan jasa kontraktor kolam renang anak yang profesional agar Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan berikut ini:

  • Jasa kontraktor yang berpengalaman akan membantu Anda menentukan layout desain sehingga Anda tidak akan kerepotan membuat konsep serta desain kolam renang anak yang sesuai dengan kondisi lahan minimalis di rumah Anda.
  • Dengan menggunakan jasa kontraktor yang berpengalaman, Anda tidak perlu repot-repot melakukan proses pekerjaan teknis di lapangan.
  • Kontraktor jasa pembuatan kolam renang yang berpengalaman akan membantu Anda menyusun rencana anggaran biaya secara detail sehingga Anda dapat lebih mudah melakukan cross check harga di pasaran.

tips membuat kolam renang anak

2. Menentukan Sistem Sirkulasi Kolam Renang Anak

Tips membuat kolam renang anak di lahan minimalis adalah  menentukan sistem sirkulasi yang tepat. Pada umumnya ada tiga jenis sistem sirkulasi yang digunakan pada kolam renang, di antaranya sistem skimmer, overflow, dan semi overflow. Dengan adanya sistem sirkulasi ini, keseimbangan fungsi kolam renang tersebut akan terjaga dengan baik. Berikut adalah pemaparan dari masing-masing sistem sirkulasi tersebut:

  • Sistem Sirkulasi Skimmer: Kolam renang dengan sistem sirkulasi ini akan membuat air kolam terlihat tenang dan terkesan diam dalam dinding kolam renang. Kolam renang yang menggunakan sistem ini dindingnya harus dibuat lebih tinggi.
  • Sistem Sirkulasi Overflow: Sistem sirkulasi ini akan membuat air kolam renang tumpah ke seluruh bagian. Jika Anda menggunakan sistem ini, maka Anda memutuhkan gutter sebagai area penampung tumpahan air dari kolam untuk disalurkan ke balancing tank agar bisa dialirkan kembali ke dalam kolam renang.
  • Sistem Sirkulasi Semi Overflow: Sistem sirkulasi ini hampir sama dengan sistem sirkulasi overflow yang membutuhkan sarana tambahan yang berupa gutter untuk menampung tumpahan air. Yang membedakannya dengan sistem overflow adalah pada semi overflow ini air hanya akan tumpah pada bagian tertentu saja.

Untuk kolam renang anak yang dibuat di lahan yang minimalis, sebaiknya Anda menggunakan sistem sirkulasi skimmer karena tidak membutuhkn sarana tambahan berupa gutter dan lebih bisa menghemat lahan.

3. Memilih Desain Kolam Renang Anak

Tips membuat kolam renang anak yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memilih desain kolam renang yang sesuai. Jika pembuatan kolam renang anak dibuat bersamaan dengan pembangunan rumah, maka Anda dapat menyesuaikan bentuk kolam renang  dengan konsep rumah tersebut. Namun, jika Anda membuat kolam renang tersebut pada saat proses pembangunan rumah telah selesai, maka Anda tinggal memanfaatkan lahan yang tersisa.

Berikut ini beberapa contoh desain kolam renang anak yang bisa jdi referensi bagi Anda:

  • Kolam Renang Mini

Anda dapat menyiasati tingginya biaya pembuatan kolam renang anak dengan memperkecil luasnya. Luas minimalnya hanya sekitar 4 x 2,5 meter. Sementara itu, kedalamnya kurang dari 60 cm. Selain biaya konstruksinya bisa dihemat, pemeliharaannya pun tidak akan terlalu sulit.

  • Kolam Renang Kotak

Kolam renang ini sangat cocok dibuat di halaman rumah yang tidak begitu luas. Selain bisa digunakan untuk berenang oleh anak-anak, kehadiran kolam renang ini pun bisa menambah nilai lebih pada sebuah hunian.

  • Kolam Renang Melingkar

Kolam renang dengan desain melingkar tak hanya cocok digunakan untuk berenang oleh anak-anak namun juga bisa menciptakan suasana rumah yang lebih harmonis. Apalagi jika Anda menambahkan beberapa tanaman di sekitar kolam renang tersebut.

Itulah beberapa tips membuat kolam renang anak yang bisa Anda lakukan. Untuk memudahkan Anda membangun kolam renang bagi anak-anak, percayakan saja pada Ideal Pools. Kami merupakan tenaga spesialis kontraktor dan jasa perawatan kolam renang yang terpercaya dan bergaransi. Kami ahli dalam pembuatan kolam renang skimmer, overflow, dan juga semi overflow.