5 Cara Perawatan Air Kolam Renang Agar Tetap Jernih

5 Plus Minus Membersihkan Kolam Renang dengan Kaporit

Malam Sahabat, kali ini kami akan menulis 5 Cara Perawatan Air Kolam Renang Agar Tetap Jernih. Stay tuned yaa.

Kolam renang adalah sebuah konstruksi buatan yang biasanya sengaja dirancang untuk kemudian diisi air dan digunakan untuk berbagai kegiatan seperti berenang, menyelam, bermain, dan lain sebagainya.

Keberadaan kolam renang tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, melainkan juga hiburan, refreshing, atau hanya sekedar untuk menambah keindahan rumah. Apabila Anda memiliki kolam renang dalam rumah, maka hal yang penting untuk rutin dilakukan adalah merawatnya.

Hal ini tentunya untuk menjaga agar kolam renang Anda tetap nyaman dan aman untuk digunakan. Selain itu, kolam renang yang bersih juga lebih sedap untuk dipandang mata. Jika Anda masih merasa kebingungan untuk melakukan perawatan pada kolam renang Anda, maka lima cara perawatan air kolam renang ini akan membantu Anda.

 

1.   Menjaga Air Kolam Tetap Jernih

Cara pertama untuk melakukan perawatan air kolam renang adalah dengan menjaga air kolam renang tetap jernih. Air merupakan komponen utama pada kolam renang. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kejernihan air adalah hal utama yang perlu dilakukan dalam perawatan.

Menjaga kejernihan air kolam renang dapat dilakukan dengan menggunakan jenis obat disinfektan seperti, HCL, soda, tawas, kaporit, dan sebagainya. Disinfektan tersebut berfungsi untuk mengembalikan kejernihan air dan membersihkan kolam yang tercemar kuman yang dapat menyebabkan penyakit kulit. Dengan menjaga kebersihan air, maka kolam renang dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

2.   Mencegah Pertumbuhan Lumut

Lumut dan Alga merupakan salah satu faktor yang menganggu kejernihan kolam renang. Biasanya, air kolam renang yang terdapat alga atau lumut cenderung kehijauan. Oleh karena itu, Anda perlu mencegah dan menghambah tumbuhnya alga dan lumut di kolam renang agar kolam renang Anda menjadi jernih.

Untuk menghambat pertumbuhan alga dan lumut, anda dapat menanam tanaman atau pohon di sekitar kolam. Oksigen yang dihasilkan oleh tanaman atau pohon ini dapat menekan pertumbuhan lumut atau alga. Selain itu, dengan menanan pohon di sekitar kolam renang, permukaan kolam renang tidak akan terpapar sinar matahari secara langsung.

baca juga 6 Perbedaan Kolam Renang Outdoor dan Indoor

3.   Memasang Filter Air

Cara terakhir ini digunakan untuk meningkatkan kualitas air pada kolam renang, yaitu memasang filter air. Filter air ini berfungsi untuk menyaring kotoran pada air, sehingga air dalam kolam renang bersih dan nyaman untuk digunakan. Dengan memasang filter air, maka kolam renang Anda akan semakin aman dan nyaman untuk digunakan karena memiliki kualitas air baik.

5 Cara Perawatan Air Kolam Renang Agar Tetap Jernih

4.   Membersihkan Sampah pada Kolam

Apabila sekitar kolam renang Anda terdapat pohon atau tanaman, biasanya Anda akan sering menemui sampah berupa dedaunan jatuh di air ataupun sekitar kolam renang. Pemandangan demikian tentu saja dapat mengurangi keindahan dan kebersihan kolam.

Oleh karena itu Anda perlu membersihkan kolam renang dari sampah-sampah tersebut secara rutin, setidaknya sua kali sehari dengan menggunakan penyaring manual.

 

5.   Membersihkan Kerak Pada Bagian Kolam

Perawatan air kolam renang selanjutnya adalah dengan membersihkan kerak pada bagian kolam. Kerak-kerak ini biasanya ditemui pada dinding-dinding ataupun dasar kolam. Apabila tidak dibersihkan, kerak-kerak ini akan menyebabkan dinding ataupun dasar kolam menjadi hitam.

Untuk membersihkan kerak-kerak ini, terlebih dahulu Anda harusmenguras kolam renang. Ketika kolam sudah kosong, maka Anda kemudian dapat menyikat bagian dinding hingga dasar kolam renang dengan menggunakan cairan karbol yang biasanya digunakan untuk membersihkan kamar mandi ataupun lantai hingga bersih dan mengkilat. Jika sudah selesai, bilas kolam renang. Setelah itu, kolam renang dapat diisi kembali.

baca juga : Panduan memilih pompa air yang tepat

 

Itu tadi adalah lima cara perawatan air kolam renang yang dapat Anda lakukan di rumah. Untuk menjaga air kolam Anda tetap bersih, kunci utama yang harus Anda lakukan adalah dengan rutin melakukan langkah-langkah di atas. Dengan demikian, kolam renang Anda akan tetap bersih dan bebas dari lumut ataupun Alga.

Akan tetapi, apabila Anda masih merasa kesulitan ataupun bingung untuk melakukan perawatan, Anda dapat menggunakan jasa kontraktor kolam renang yang disediakan oleh Idea Pools. Tidak hanya jasa perawatan kolam renang, Idea Pools juga menyediakan jasa pembuatan ataupun renovasi kolam renang.