5 Tips Memilih Pompa Air Mancur untuk Kolam Renang

Kontraktor Kolam Renang Jabodetabek Paling Terpercaya

Pompa air mancur untuk kolam renang- Keberadaan air mancur pada kolam renang, selain menambah estetika atau keindahan juga membuat kesegaran air pada kolam renang bertambah. Hal tersebut dikarenakan air yang terpompa ke atas, akan bertemu dengan oksigen, dan kemudian dialirkan kembali ke bawah. Dengan kualitas air yang semakin baik, tentunya seluruh kegiatan di kolam renang kan semakin menyenangkan.

 

Akan tetapi, agar bekerja dengan maksimal, pompa air yang digunakan pada air mancur haruslah tepat. Pompa air yang digunakan pada air mancur kolam renang biasanya adalah pompa jenis celup atau submersible pump. Untuk memastikan bahwa pompa air mancur kolam renang Anda sudah tepat dan dapat bekerja dengan baik, sebaiknya Anda menggunakan jasa kontraktor kolam renang untuk pemasangannya. Berikut adalah tips dalam memilih pompa air untuk kolam renang yang perlu kamu ketahui.

1. Memilih Pompa Sesuai Dengan Kebutuhan

Prinsip kerja pada pompa air pada dasarnya sama, yaitu kemampuan impeller sentripugal untuk mendorong ke atas air melalui pipa atau selang. Prinsip tersebut tentunya sangat sesuai diterapkan pada air mancur kolam renang. Pompa air mancur pada kolam renang memiliki cara kerja yang sederhana, yaitu air akan dipompa menuju bagian filtrasi atau saringan agar air mancur beroperasi. Pompa submersible sendiri tidak hanya digunakan pada kolam, tetapi juga pada sumur, air kotor, dan lain sebagainya.

Tanda Kerusakan Pompa Kolam Renang dan Cara Memperbaikinya

 

2. Memperhatikan Daya Dorong

Tips memilih pompa air mancur untuk kolam renang yang kedua adalah dengan memperhatikan daya dorong pompa. Prinsip kerja sebuah pompa adalah mengangkut zat cair atau cairan dari bawah atau lokasi yang rendah menuju ke atas atau lokasi yang lebih tinggi. Agar pompa pada air mancur bekerja secara maksimal, pastikan pompa memiliki daya dorong air yang maksimal. Daya dorong ini digunakan untuk mendorong air dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi. Oleh karena itu, apabila daya dorong pada pompa baik, maka semburan air yang keluar akan lebih maksimal. Akan tetapi, daya dorong ini menyesuaikan kebutuhan. Apabila tempat asal air sangat dalam, maka daya dorong yang dimiliki oleh pompa haruslah besar agar mampu mengangkat air. Akan tetapi, apabila asal air tidak terlalu dalam, daya dorong yang diperlukan pun semakin kecil.

3. Memperhatikan Volume Debit Air

Volume debit air adalah banyak air yang dapat dipompa dan bergerak dalam setiap jam atau menit. Menentukan volume debit air sangat perlu untuk menentukan berapa banyak air yang diinginkan akan dipompa dan bergerak keluar. Besarnya volume debit pada air ini tentunya ditentukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

4. Memiliki Float Switch

Float Switch adalah salah satu bagian penting yang harus ada dalam sebuah pompa air mancur kolam renang. Float switch berfungsi sebagai saklar yang mengatur ketinggian pompa berdasarkan dengan tinggi permukaan air. Dengan adanya float switch, pompa akan berhenti bekerja secara otomatis apabila di daerah yang sedang tidak dipompa tidak terdapat air. Hal ini penting, karena apabila pompa terus bekerja saat tidak ada air, maka akan terjadi kerusakan pada mesin dinamo.

5. Ukuran Selang

Selang pada pompa air mancur kolam renang diperlukan untuk mengangkut air. Terdapat berbagai macam pilihan ukuran pada selang air celup kolam renang dengan kegunaan yang berbeda. Pastikan Anda memilih jenis selang yang sesuai untuk digunakan pada air mancur kolam renang Anda.

Kelima hal tersebut adalah tips memilih pompa air mancur kolam renang yang dapat Anda pertimbangkan. Menentukan pompa terbaik untuk kolam renang tentunya akan sedikit sulit jika Anda awam tentang jenis pompa yang sesuai untuk air mancur kolam renang. Untuk itu, Anda dapat menyerahkan pembuatannya kepada jasa kontraktor kolam renang. Idea Pools adalah salah satu jasa kontraktor dengan pengalaman 20 tahun yang akan membantu mewujudkan kolam renang yang telah Anda impi-impikan. Tidak hanya membuat, Idea Pools juga akan menyediakan jasa perawatan kolam renang dan juga renovasi pada kolam renang untuk kolam renang Anda.