sistem pemipaan kolam renang

6 Jenis Sistem Pemipaan Kolam Renang

6 Jenis Sistem Pemipaan Kolam Renang

6 jenis sistem pemipaan kolam renang- Dalam perancangan atau pembuatan kolam renang, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah sistem sirkuasi. Sistem sirkulasi yang baik dapat menghasilkan kualitas air yang baik. Sebaliknya, sistem sirkulasi yang buruk dapat menimbulkan berbagai masalah pada kualitas air. Jadi, meskipun anda memiliki kolam renang dengan desain yang bagus, apabila sistem pemipaan pada klam renang Anda berantakan, kolam renang tidak akan berfungsi maksimal. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan jasa kontraktor kolam renang untuk mendapatkan kinerja yang maksimal pada kolam renang Anda.

Pada sistem pemipaan kolam renang, setidaknya terdapat dua sistem sirkulasi kolam renang yang perlu Anda ketahui, yaitu sistem mekanikal dan juga pemipaan. Keduanya memiliki hubungan terhadap sistem sirkulasi pada kolam renang. Sistem mekanikal melibatkan filter dan juga mesin pompa. Sedangkan sistem pemipaan atau plumbing melibatkan rangkain pipa-pipa. Tujuan dari sistem plumbing adalah sebagai jalur antara sistem mekanikal dengan kolam renang. Sistem plumbing atau pemipaan kolam renang sendiri memiliki beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis sistem pemipaan kolam renang yang perlu Anda ketahui.

sistem pemipaan kolam renang

1. Inlet

Pertama, sistem pemipaan inlet atau jalur plumbing injet. Maksud dari jalur plumbing inlet adalah jalur pada pipa kolam renang yang dipergunakan untuk mengalirkan air dari pompa sirkulasi menuju ke dalam kolam melalui inlet fitting atau nozzel inlet. Cara kerja sistem ini, pertama-tama air akan disedot oleh pompa dan kemudian melalui filtrasi dan masuk ke dalam kolam renang melalui jalur inlet. Apabila sistem pompa ini rusak, maka air yang mengalir ke kolam tidak akan sesuai dengan keinginan.

2. Vacuum

Sistem ini berfungsi untuk menyedot kotoran atau debu yang berada pada permukaan keramik atau dasar kolam renang. Pertama-tama, air dialirkan melalui pompa menuju filter untuk melalui penyaringan. Setelah air melalui filter dan bersih, air akan dialirkan menuju kolam renang. Namun, apabila kolam rennag terlalu kotor, kotoran yang terdapat pada vacuum akan langsung dibuang dari jalur, tanpa masuk ke bagian filter.

3. Skimmer

Jenis sistem pemipaan yang ketiga adalah skimmer. Cara kerja sistem ini, pertama-tama air akan dialirkan dari box skimmer menuju pompa dengan cara dihisap. Box skimmer, memiliki fungsi sebagai balancing tank. Dari box skimmer, air kemudian akan dialirkan menuju filter dan selanjutnya dialirkan menuju kolam renang. Berbeda dengan jenis-jenis sistem pemipaaan kolam renang lainnya, jalur pemipaan skimmer ini biasanya hanya terdapat pada kolam renang dengan jenis skimmer.

4. Overflow

Sistem overflow adalah sebuah jalur yang mengalirkan air dari gutter menuju balancing tank. Setelah dari balancing tank, air kemudian akan dialirkan menuju filter untuk melalui proses penyaringan. Setelah proses penyaringan selesai, air kemudian akan dialirkan menuju kolam renang. Sama halnya jalur skimmer yang hanya ada pada kolam renang jenis skimmer, jalur overflow juga hanya dimiliki oleh klam rennag dengan jenis overflow.

5. Maindrain

Sistem pemipaan mandrain atau jalur maindrain berada di bawah dasar atau lantai dari kolam renang. Ketika akan dilakukan proses vacuum, maka jalur vacuum akan dibuka, dan jalur maindrain akan ditutup. Jalur mandrain menghisap air melalui pompa kolam renang.

sistem pemipaan kolam renang

6. Back Wash

Jenis sistem pemipaan kolam renang yang terakhir adalah back wash atau plumbing back wash. Jalur ini berfungsi sebagai pipa saluran pembuangan air yang akan dipakai ketika mencuci penyaring atau filter kolam renang. Air yang berada pada jalur ini akan dibuang keluar. Hal tersebut dikarenakan air yang masuk pada jalur ini adalah air kotor yang merupakan sisa pencucian filter.

*******

Enam hal di atas adalah jenis-jenis sistem pemipaan kolam renang yang sering diaplikasikan dalam pembuatan kolam renang. Sistem pemipaan kolam renang memang terbilang cukup rumit, oleh karena itu, untuk pemasangan dan perawatannya, Anda dapat meminta bantuan dari jasa perawatan kolam renang Ideal Pools. Kontraktor kolam renang dengan pengalaman 10 tahun ini akan mengatasi segala kesulitan anda mengenai pemasangan, perawatan, dan juga renovasi kolam renang.