Menjaga Anak Agar Tetap Aman Saat Berenang

7 Tips Menjaga Anak Agar Tetap Aman Saat Berenang di Kolam Renang

Menjaga anak agar tetap aman saat berenang di kolam renang- Orang tua biasanya meinginginkan sang anak dapat menguasai berbagai macam hal. Oleh karena itu, orang tua memberikan anak berbagai macam pelajaran keterampilan. Salah satu keterampilan yang biasanya diajarkan orang tua dan sangat disukai oleh anak-anak adalah berenang.

Berenang adalah salah satu jenis olahraga air. Selain sebagai olahraga, berenang juga biasanya dilakukan untuk sekedar bersenang senang. Meskipun menyenangkan, aktivitas berenang untuk anak-anak memerlukan pengawasan dari orang tua. Hal ini dilakukan agar anak terhindar dari bahaya atau kecelakaan yang yang bida saja terjadi di kolam renang. Untuk menjaga keselamatan anak di kolam renang, kali ini Idealpools kontraktor kolam renang jakarta akan membagikan cara atu tips yang perlu Anda ketahui ketika mengajak anak ke kolam renang.

1.   Jangan Biarkan Anak Berenang Sendiri

Cara pertama untuk menjaga anak agar tetap aman saat berenang di kolam renang adalah dengan tetap mendampinginya. Hal ini perlu dilakukan oleh orang tua untuk memastikan keamanan anaknya di kolam renang. Apalagi jika anak Anda masih belum mahir atau masih belum memiliki kepercayaan diri untuk berada di dalam air. Orang tua perlu membangun kepercayaan diri anak dengan menambah keterampilan atau teknik-teknik berenang kepada anak. Pendampingan ketika berenang tidak hanya berlaku bagi anak yang belum mahir. Meskipun anak Anda sudah mahir berenang, orang tua tidak boleh lengah. Pengawasan tetap harus dilakukan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

2.   Pakai Pakaian Renang yang Tepat

Pakaian renang yang nyaman sangat mempengaruhi keamanan anak dalam berenang. Untuk orang tua, sebaiknya Anda tidak membiarkan anak berenang dengan menggunakan pakaian biasa berbahan kaos. Pakaian berbahan kaos sangat mudah menyerap air. Akibatnya tekanan pada anak ketika berenang akan bertambah dan anak akan mudah terseret ke bawah. Sebaiknya, Anda memberikan anak pakaian renang khusus dan sesuai. Selain itu, untuk melindungi anak dari paparan sinar matahari, ada baiknya Anda memberikan anak pakaian renang dengan baju berlengan panjang.

3.   Melatih Teknik Dasar Renang

Cara menjaga anak agar tetap aman saat berenang di kolam renang yang paling dasar adalah dengan mengajarkan anak teknik dasar renang yang tepat. Dengan kemampuan dan teknik dasar renang yang dimiliki oleh anak, setidaknya orang tua tidak perlu selalu berada di samping anak. Dengan memiliki teknik dasar renang, setidaknya anak akan mampu berenang dan mengenali keadaan di sekitar kolam renang. Namun, hal ini bukan berarti orang tua dapat meninggalkan anak sendirian. Orang tua tetap perlu mengawasi anak untuk mencegah kecelakaan yang kemungkinan terjadi.

4.   Mengajak Pemanasan Sebelum Berenang

Seperti halnya olahraga umumnya, pemanasan diperlukan untuk mempersiapkan tubuh sebelum berolahraga. Pemanasan bertujuan untuk merenggangkan otot-otot tubuh serta mencegah kram pada saat berenang. Oleh karena itu, pastikan Anda mengajak anak untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berenang ataupun sebelum melakukan olahraga lainnya.

Menjaga Anak Agar Tetap Aman Saat Berenang

5.   Menjelaskan Lingkungan Sekitar

Pemahaman mengenai lingkungan sekitar perlu diberikan kepada anak setiap kali memasuki tempat baru. Demikian pula ketika masuk area kolam renang. Ketika memasuki area kolam renang, pastikan Anda memberi tahu anak Anda mengenai kondisi kolam atau sekitarnya, seperti kedalaman yang boleh atau tidak boleh dimasuki oleh anak, darimana anak boleh melompat, ataupun area mana yang tidak boleh didekati oleh anak karena licin dan sebagainya. Dengan mengenali kondisi sekitar, maka keamanan anak akan lebih terjaga.

6.   Menggunakan Pelampug Jika Belum Bisa Berenang

Apabila anak Anda belum bisa berenang, maka memberikan pelampung kepada anak adalah langkah yang bijaksana untuk menjaga keselamatan anak. Meskipun sudah menggunakan pelampung untuk keselamatan, Anda tetap tidak boleh lengah dan membiarkan anak lepas dari pengawasan. Anak tetap harus diawasi untuk menghindari kecelakaan yang mungkin bisa terjadi karena pelampung yang kempis atau terbalik.

7.   Mengikuti Peraturan

Ketika memasuki area kolam renang, ada baiknya Anda membuat semacam peraturan tersendiri untuk anak. Misalnya, jangan masuk di kolam renang dengan kedalaman tertentu atau jangan mendorong teman di area kolam renang. Apabila Anda berada di kolam renang umum, maka Anda dapat memberitahu peraturan yang harus dipatuhi di kolam renang tersebut kepada Anak Anda.

Demikianlah tujuh cara menjaga anak agar tetap aman saat berenang di kolam renang yang dapat Anda lakukan. Selain tujuah hal tersebut, kondisi kolam renang juga mempengaruhi kemanan anak dalam berenang. Oleh karena itu, untuk menambah keamanan, kolam renang perlu mendapatkan perawatan khusus. Anda dapat menghubungi kontraktor kolam renang Idea Pools untuk mendapatkan jasa perawatan kolam renang. Tidak hanya perawatan, Idea Pools juga memberikan malayani pembuatan serta renovasi kolam renang.