Jenis dan Kegunaan Obat Kolam Renang yang Harus Anda Ketahui

Kontraktor Kolam Renang Idealpools 25-min-ink

Kali ini  kita akan membahas mengenai jenis dan kegunaan obat kolam renang. Obat kimia kolam renang atau biasa yang disebut dengan chemical kolam renang adalah salah satu komponen penting yang digunakan dalam proses perawatan atau pembersihan kolam renang. Obat tersebut digunakan untuk membersihkan kolam renang agar air kolam renang tetap terlihat bersih dan jernih. Di pasaran, ada banyak jenis obat kolam renang yang ditawarkan. Masing-masing produk yang ditawarkan memiliki kegunaannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini!

1.      Polly Aluminum Chloride (PAC)

Polly Aluminum Chloride atau PAC adalah obat kolam renang berbentuk bubuk. Fungsi obat ini hampir sama dengan tawas, yaitu untuk mengikat kotoran yang ada di dalam air dan mengendapkannya ke bagian dasar kolam renang. Jenis dan kegunaan obat kolam renang ini sangat memudahkan proses pembersihan kolam renang. Sebab, kotoran yang diendapkan di bagian dasar kolam akan lebih mudah dibersihkan dengan menggunakan vacuum. Dengan begitu, proses pembersihan kolam renang pun dapat dilakukan secara lebih optimal.

2.      Soda Ash

Soda Ash merupakan obat kolam renang yang berfungsi untuk meningkatkan pH pada air kolam renang. Kadar pH air kolam renang sebisa mungkin harus normal, yakni berada di angka 7. Kadar pH air kolam renang yang seimbang akan membuat Anda lebih aman saat berenang di dalamnya. Apabila kadar pH air kolam renang tersebut kurang dari batas normal, maka kualitas airnya juga akan menurun terutama saat terkena tambahan air, baik dari air hujan maupun air kran.

Penggunaan soda ash sebaiknya dilakukan pada saat proses sirkulasi air sedang berjalan. Hal ini akan mempercepat proses meratanya soda ash di dalam kolam renang. Anda cukup melarutkan obat ini dalam wadah sebelum dimasukkan ke dalam kolam renang.

3.      Trussi ( Copper Sulphate)

Trussi atau Copper Sulphate adalah obat kolam renang yang berguna untuk mencegah pertumbuhan alga ataupun lumut di dalam kolam renang. Penggunaan obat kolam renang ini menjadikan kolam renang terlihat jernih dan indah. Penggunaannya hampir sama dengan soda ash, yakni dilarutkan dalam wadah terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kolam renang.

4.      Chlorine

Chlorine merupakan salah satu obat kolam renang yang sering digunakan oleh kontraktor kolam renang. Jenis dan kegunaan obat kolam renang yang satu ini ada beberapa macamnya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini:

  • Kaporit atau Chlorine powder 60%

Kaporit adalah bahan kimia kolam renang yang berguna untuk menaikkan tingkat konsentrasi Chlorine di dalam air. Obat ini berbentuk bubuk dengan kandungan Chlorine sebesar 60%.Penggunaan kaporit dapat membuat kondisi air tetap bersih, jernih, dan bebas bakteri.

  • Chlorine granular 90%

Chlorine granular 90% juga memiliki fungsi yang sama dengan kaporit, yakni meningkatkan konsentrasi Chlorine dalam air. Bedanya, obat kolam renang ini mampu menaikkan tingkat Chlorine lebih cepat dibanding kaporit. Sesuai namanya, Chlorine granular 90% memiliki bentuk granular atau butiran-butiran berukuran kecil.

  • Chlorine TCCA tablet 90%

Chlorine TTCA tablet 90% merupakan jenis Chlorine yang juga sering digunakan oleh jasa perawatan kolam renang. Obat kolam renang ini tingkat Chlorin-nya sama dengan yang dimiliki oleh Chlorine granular 90%. Meski begitu, obat kimia ini punya fungsi dan kegunaan yang berbeda. Chlorine TCCA 90% digunakan untuk menjaga kandungan Chlorine  sekaligus pH air kolam renang agar tetap stabil dan ideal. Obat ini juga digunakan untuk membuat air di dalam kolam tetap jernih dan terlihat kebiruan.

5.      Hydrochloric Acid (HCL)

Bahan kimia kolam renang yang satu ini sifatnya keras sehingga jarang digunakan dalam proses perawatan kolam renang. Meski begitu, HCL ternyata punya kegunaan untuk menyeimbangkan air kolam renang saat pH airnya terlalu basa. Hal ini disebabkan oleh sifat asam yang dimiliki oleh obat kolam renang ini.

Karena HCL digolongkan obat kimia yang keras, maka penggunaannya hanya dilakukan pada saat kondisi air kolam renang sudah sangat keruh dan banyak ditumbuhi oleh lumut. Namun, jika kondisi  air kolam masih belum terlalu kotor, maka sebaiknya Anda tidak menggunaan obat kimia ini untuk membersihkan kolam tersebut.

Itulah beberapa jenis dan kegunaan obat kolam renang yang harus Anda ketahui. Untuk memudahkan Anda dalam proses pembersihan kolam renang, sebaiknya percayakan saja pada penyedia jasa pemeliharaan kolam renang terbaik di Jabodetabek, Ideal Pools. Kami telah berpengalaman dalam proses perawatan kolam renang dengan menggunakan berbagai macam obat kolam renang. Anda pun tak akan dibuat kerepotan lagi untuk membersihkan kolam renang Anda sendiri.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang kolam renang.