cara kerja mesin kolam renang

Cara Kerja Mesin Kolam Renang dalam Sistem Sirkulasi Kolam Renang

Cara kerja mesin kolam renang- Dalam sistem sirkulasi kolam renang ada beberapa komponen yang digunakan. Sistem sirkulasi kolam renang sendiri bisa dikelompokkan menjadi tiga, yaitu overflow, semi overflow, serta skimmer. Ketiga sistem sirkulasi kolam renang tersebut pada prinsipnya memiliki tujuan yang sama, yakni untuk menjaga fungsi filtrasi agar bisa berjalan dengan baik sehingga air kolam renang tersebut senantiasa terjaga kebersihan dan kejernihannya.

Hasil yang maksimal tentu saja tidak bisa lepas dari peran mesin kolam renang yang bekerja dengan baik. Kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara kerja dari mesin ataupun komponen-komponen kolam renang dalam sistem sirkulasi air kolam renang. Sistem sirkulasi yang dibahas di sini adalah yang umum digunakan pada kolam renang di Indonesia, baik pada kolam renang pribadi maupun kolam renang umum.

Pompa Kolam Renang

Pompa kolam renang dijadikan sebagai penggerak air kolam renang. Komponen ini berperan penting dalam sistem sirkulasi air kolam renang.

Cara kerja mesin kolam renang yang satu ini diibaratkan seperti jantung pada tubuh manusia. Pompa kolam renang menyedot air dari kolam untuk selanjutnya didorong masuk ke filter untuk proses filterisasi atau penyaringan. Setelah melalui proses tersebut, air kolam renang menjadi bersih dan jernih kembali. Kemudian air bersih tersebut didorong masuk ke kolam renang melalui saluran inlet.

Karena sangat pentingnya komponen pompa kolam renang pada sistem sirkulasi, Anda harus benar-benar memperhatikan pemilihan dan perawatan pompa  kolam renang tersebut. Untuk itu, Anda perlu berkonsultasi dengan kontraktor kolam renang untuk mendapatkan pompa yang tepat.

cara kerja mesin kolam renang

Filter Kolam Renang

Filter kolam renang juga menjadi komponen kolam renang yang sangat penting dalam sistem sirkulasi air kolam renang. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran agar air kolam renang menjadi lebih bersih. Ada beberapa filter kolam renang yang biasa digunakan, seperti misalnya Sand Filter, Cartridge Filter, serta Diatomaceous Filter atau DE.

Kebanyakan kolam renang di Indonesia menggunakan Sand Filter sebagai komponen penyaring kotorannya. Tipe filter ini menggunakan pasir silica sebagai media penyaringnya. Karena itulah kita hanya akan fokus membahas cara kerja dari filter tipe ini.

Cara kerja mesin kolam renang berkaitan erat dengan kinerja pompa.  Sebab, pompa akan mendorong air masuk ke bagian atas tabung filter untuk kemudian masuk ke permukaan pasir silica yang ada di dalam tabung filter. Dengan begitu, kotoran akan tertahan di bagian permukaan pasir. Setelah itu, air akan meresap masuk melalui pasir silica dan menuju dasar filter. Kemudian, air keluar melalui kisi-kisi menuju kolam renang melewati saluran inlet.

Instalasi Sistem Pemipaan

Instalasi sistem pemipaan juga memiliki peran penting dalam sistem sirkulasi kolam renang. Apabila sistem pemipaan terkonsep dengan baik, maka sistem sirkulasi pada kolam renang tersebut juga akan berjalan dengan baik. Sistem instalasi pemipaan pada kolam renang dibagi menjadi dua, yakni instalasi pemipaan untuk menghisap air dari kolam renang dan instalasi pemipaan untuk mendorong air ke kolam renang.

Instalasi pemipaan pada kolam renang akan menghubungkan komponen-komponen untuk sirkulasi kolam renang tersebut. Jika sistem pemipaannya benar, maka hasil sirkuasi air kolam renang pun bisa lebih maksimal. Untuk itu, Anda perlu berkonsultasi pada kontraktor ataupun jasa perawatan kolam renang yang telah berpengalaman menangani masalah pemipaan pada kolam renang.

Balancing Tank dan Gutter Kolam Renang

Balancing tank dan gutter kolam renang merupakan dua komponen yang wajib ada pada sistem sirkulasi overflow. Balancing tank berfungsi untuk menampung air kolam renang dari limpahan overflow. Sementara itu, gutter berfungsi sebagai penampung limpahan “sementara” untuk kemudian dialirkan ke ruang balancing tank.

Skimmer Box

Skimmer box merupakan komponen pada sistem sirkulasi skimmer. Fungsi dari skimmer box adalah sebagai lubang air saluran hisap untuk sirkulasi dan menarik kotoran di permukaan kolam renang. Selain itu, komponen ini juga dapat melakukan proses vacuum pada kolam renang.

cara kerja mesin kolam renang

Itulah pembahasan singkat tentang cara kerja mesin kolam renang pada sistem sirkulasi kolam renang. Jika Anda membutuhkan berbagai mesin kolam renang untuk menunjang sistem sirkulasi kolam renang di rumah Anda, percayakan saja pada Ideal Pools. Sebagai kontraktor pembuatan dan perawatan kolam renang terbaik se-Jabodetabek, kami telah berpengalaman dalam pemasangan berbagai komponen kolam renang sehingga sistem sirkulasi pada kolam renang  dapat berjalan secara maksimal. Untuk berkonsultasi, silakan hubungi nomor kami di 081318893311 atau ke alamat email kami idealpool@yahoo.com

Baca juga : 3 CARA MENAMBAL KOLAM RENANG YANG BOCOR