cara membuat ukuran kolam renang minimalis

5 Cara Membuat Ukuran Kolam Renang Rumah Minimalis Terasa Nyaman Untuk Digunakan

Cara Membuat Ukuran Kolam Renang Rumah Minimalis 

Apakah Anda penasaran bagaimana caranya membuat ukuran kolam renang rumah minimalis tetap bisa terasa nyaman saat digunakan? Meski lahan di rumah Anda terbatas, jika Anda bisa menyiasatinya maka Anda tetap bisa membuat kolam renang yang terasa nyaman untuk digunakan. Ada beberapa area yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun kolam renang di rumah minimalis, misalnya di sudut rumah ataupun di pekarangan belakang rumah. Dalam pembuatan kolam renang tersebut Anda perlu memperhatikan ukuran lahan, sistem pengairan, sampai perawatan kolam renang. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat kolam renang yang berukuran mungil bisa tetap terlihat bagus dan nyaman saat digunakan.

cara membuat ukuran kolam renang rumah minimalis

Ukuran Kolam Renang Harus Tetap Ideal Meski Lahannya Terbatas

Faktor kenyamanan adalah sebuah hal penting yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan kolam renang di rumah minimalis Anda. Meskipun lahan di rumah cukup terbatas, namun Anda harus tetap memastikan kolam renang tersebut punya ukuran yang ideal. Ukuran minimal sebuah kolam renang minimalis adalah sekitar 6 m x 2 m dan dibuat dengan bentuk yang memanjang. Lahan minimal untuk memenuhi ukuran kolam renang tersebut adalah 8 m x 2 m.

Namun, jika lahan yang Anda miliki tidak cukup, Anda dapat menyiasatinya dengan membuat kolam renang minimalis yang berarus. Kolam renang semacam ini akan membuat Anda seolah-olah bergerak Padahal sebenarnya arus air yang ada di kolam renang tersebut yang bergerak.

Pilih Sistem Skimmer Untuk Kolam Renang Minimalis Anda

Ada beberapa jenis sistem pengairan yang biasa diterapkan oleh kontraktor kolam renang dalam pembuatan kolam renang, misalnya skimmer, overflow, dan semi overflow. Dengan adanya sistem pengairan yang tepat, air yang ada di kolam renang tidak perlu terlalu sering diganti. Sebab, mesin penyaring pada sistem pengairan tersebut akan membersihkan kolam secara otomatis.

Untuk ukuran kolam renang rumah minimalis, sebaiknya Anda memilih sistem pengairan skimmer. Sistem skimmer tidak memerlukan alat sirkulasi air yang bernama balancing tank sehingga sistem pengairan ini dirasa cocok untuk diterapkan pada kolam renang minimalis.

Sementara itu, sistem pengairan overflow dianggap terlalu memakan lahan karena membutuhkan balancing tank untuk mengalirkan air sampai ke tepi kolam. Karena itulah, sistem ini dirasa kurang tepat untuk dipakai pada kolam renang yang dibangun di lahan yang terbatas.

Gunakan Material Bertekstur Kasar Agar Kolam Minimalis Aman Saat Digunakan

Meski ukurannya mungil, namun Anda harus tetap memastikan kolam renang minimalis tersebut aman saat digunakan. Salah satu cara untuk menjamin keamanan kolam renang berukuran mungil tersebut adalah dengan menggunakan material bertekstur kasar. Misalnya, untuk material pijakan, Anda dapat memilih keramik lantai yang berbutir kasar, kerikil, ataupun menggunakan batu hias. Material yang bertekstur kasar akan membuat penggunanya aman saat naik ke permukaan karena tidak licin.

Gunakan Tanaman Hias Untuk Mempercantik Penampilan Kolam Renang

Tak hanya keamanan saja yang harus Anda perhatikan. Tampilan dari kolam renang tersebut juga harus Anda pertimbangkan dengan baik. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat ukuran kolam renang rumah minimalis tersebut terlihat bagus adalah dengan menggunakan tanaman hias yang dedaunnya tidak mudah rontok. Tanaman yang daunnya tidak mudah rontok pastinya tidak akan mengotori kolam renang minimalis tersebut. Untuk itu, Anda dapat menanam tanaman seperti palem-paleman maupun tanaman pisang kipas.

cara membuat ukuran kolam renang rumah minimalis

Lakukan Perawatan Secara Berkala

Untuk membuat ukuran kolam renang rumah minimalis tersebut tetap aman dan nyaman saat digunakan, Anda perlu melakukan perawatan kolam renang secara berkala. Anda harus memastikan kadar pH kolam renang tersebut tetap normal, yakni berada di angka 7. Jika kadar pH kolam renang terlalu tinggi, Anda perlu menambahkan larutan asam HCL. Sementara itu, jika pH kolam renang terlalu rendah, Anda  bisa menambahkan larutan soda ash. Agar Anda tidak kerepotan, Anda dapat mempercayakan pada penyedia jasa perawatan kolam renang.

Semoga tips ini bisa menjadi solusi terbaik untuk membuat kolam renang minimalis di rumah Anda terasa nyaman saat digunakan. Bagi Anda yang ingin membuat ukuran kolam renang rumah minimalis, percayakan saja pada Ideal Pools. Kami adalah jasa kontraktor pembuatan dan pemeliharaan kolam renang terbaik di Jabodetabek. Kolam skimmer, overflow, dan semi overflow adalah spesialisasi kami. Dengan menggunakan jasa kami, Anda akan mendapatkan kolam renang yang nyaman saat digunakan.

baca juga : 3 CARA MENAMBAL KOLAM RENANG YANG BOCOR