cara menambal kolam renang

3 CARA MENAMBAL KOLAM RENANG YANG BOCOR

3 cara menambal kolam renang yang bocor

Cara menambal kolam renang yang bocor- Kebocoran kolam renang adalah salah satu hal paling merepotkan. Bagimana tidak, untuk bisa mengatasi masalah kebocoran tersebut maka terlebih dulu harus dicari titik kebocoran dari kolam renang tersebut. Dalam hal ini, Anda membutuhkan teknisi yang sudah berpengalaman untuk membantu Anda menentukan titik kebocoran tersebut. Kebocoran kolam renang sendiri biasanya disebabkan oleh waterproofing yang kurang baik. Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa dilakukan untuk menambal kebocoran pada sebuah kolam renang.

1.      Mengganti Nut Keramik yang Sudah Mengalami Kerusakan

Cara menambal kolam renang yang bocor ini hanya bisa dilakukan jika kebocoran pada kolam renang tersebut tidak terlalu parah. Metode ini cukup mudah untuk Anda lakukan. Sebelum mengganti nut yang sudah rusak, Anda harus mengeringkan kolam renang terlebih dahulu. Setelah itu, kupas nut yang sudah rusak dengan cara digosok menggunakan sikat kawat atau mesin gerinda kecil.

Sebaiknya, Anda menggunakan nut yang mengandung waterproof agar mampu menambal kolam renang tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama.

2.      Menyuntikkan Pasta Pada Dinding Kolam Renang yang Bocor

Cara menambal kolam renang yang bocor dengan Menyuntikan atau memasukkan pasta pada dinding kolam renang juga menjadi salah satu cara menambal kolam renang yang bocor. Biasanya cara ini diterapkan pada kolam renang yang letaknya ada di lantai atas sebuah bangunan.

Cara ini cukup mudah dan efisien untuk dilakukan karena Anda tidak perlu repot-repot menguras air yang ada di dalam kolam renang. Agar hasilnya maksimal, dibutuhkan kejelian dalam menentukan titik kebocoran kolam renang tersebut. Untuk itu, Anda bisa minta bantuan dari kontraktor kolam renang yang telah berpengalaman.

3.      Membongkar Setengah Cor, Keramik, dan Waterproof Kolam Renang

Cara menambal kolam renang yang bocor apabila kolam renang Anda sudah mengalami kebocoran yang parah, maka membongkar setengah cor bisa jadi pilihan yang terbaik.  Namun untuk bisa menerapkan metode ini, Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Sebab, dalam metode ini dibutuhkan bahan material yang hampir sama seperti yang digunakan dalam pembuatan kolam renang tersebut. Namun biaya yang dikeluarkan tersebut memang sebanding dengan hasil yang diberikan.

Dalam metode ini ada beberapa tahapannya, di antaranya:

  • Proses Bongkar Separuh Cor dan Pembesian Ulang

Proses ini akan sangat menentukan seberapa kuat konstruksi kolam renang tersebut. Apabila pembesiannya baik, maka cor yang baru pun akan semakin kuat.

  • Proses Bekisting

Proses bekisting merupakan pembatas yang membentuk permukaan pada cor. Ketebalan dari cor ditentukan pada tahapan ini. Usahakan tebal dari cor pada lantai sekitar 25 cm dan ketebalan dindingnya 20 cm. Untuk menghindari kebocoran, pastikan plumbing-nya sudah diperiksa kebocorannya dengan teliti.

  • Proses Pengecoran

Pada proses ini kecermatan dalam pemilihan material sangat diperlukan. Karena itulah, Anda butuh bantuan dari kontraktor dan sekaligus jasa perawatan kolam renang yang sudah berpengalaman. Dengan bantuan kontraktor, hasil pengecoran nantinya akan lebih berkualitas. Dengan begitu, kolam renang tersebut tidak akan mengalami kebocoran berulang kali.

Dalam menentukan waktu pelepasan bekisting, diperlukan kecermatan dan kehati-hatian. Sebab, hal tersebut akan mempengaruhi kekuatan konstruksi cor. Sementara itu, jangka waktu untuk pengeringan cor tergantung pada kondisi cuaca dan suhu di lingkungan sekitarnya.

Setelah proses ini selesai, dilanjutkan dengan proses waterproofing pada bagian permukaan kolam renang. Sebaiknya Anda memilih waterproof yang berkualitas baik agar hasil yang diberikan pun bisa lebih optimal.

cara menambal kolam renang

  • Proses Finishing

Proses finishing dilakukan setelah proses pelepasan bekisting. Dalam tahapan ini terdapat beberapa proses , seperti waterproofing, plaster, pemasangan keramik, dan juga nut.

Sebaiknya pilih keramik dengan minimal dua warna pada saat memasang keramik pada dasar kolam renang. Hal ini bertujuan untuk menandai bagian-bagian kolam yang bersudut dan berlereng. Dengan begitu, perenang dapat menentukan batasan-batasan kedalaman yang terdapat di kolam renang tersebut.

Demikianlah 3 cara menambal kolam renang yang bocor. Untuk memudahkan Anda dalam mengatasi kebocoran kolam renang, percayakan saja pada Ideal Pools. Kami adalah kontraktor pembuatan dan perawatan kolam renang yang terbaik se-Jabodetabek. Kami sudah sangat berpengalaman memperbaiki kerusakan kolam renang. Jadi, pastikan Anda menggunakan jasa Ideal Pools untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca juga : Arsitek Kolam Renang | Pembuatan Dan Desain 3 Dimensi