plus minus membersihkan kolam renang dengan kaporit

Cara Menggunakan Test Kit Kolam Renang yang Benar

Cara Menggunakan Test Kit Kolam Renang yang Benar

Para pemilik kolam renang sebaiknya tahu bagaimana cara menggunakan Test kit kolam renang yang benar. Test kit sendiri merupakan alat sederhana yang digunakan untuk mengukur tingkat pH air dan Chlorine kolam renang. Biasanya Test kit ini dijual di toko-toko yang menyediakan perlengkapan kolam renang. Ada yang dikemas dalam satu kotak yang terdiri atas dua tabung kecil serta dua botol kecil cairan yang disebut dengan oto phenol. Ada pula Test kit yang lebih lengkap, yaitu terdiri atas thermometer, tabung test alkalinity, tabung test, serta Chlorine. Mengecek kadar pH dan Chlorine kolam renang dirasa begitu penting untuk menjaga kualitas air kolam renang tersebut.

caara menggunakan test kit yang benar

Cara Penggunaan Test Kit Kolam Renang yang Benar

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan Test kit kolam renang yang benar:

  1. Ambil tabung test pH dan Chlorine
  2. Masukkan tabung tersebut ke dalam kolam renang hingga sedalam kira-kira 80-100 cm
  3. Isi kedua tabung tersebut dengan air kolam renang hingga garis yang tertera pada tabung
  4. Teteskan cairan oto phenol yang berwarna merah pada tabung pH. Sedangkan pada tabung Chlorine ditetesi cairan yang berwarna kuning
  5. Seanjutnya, tutup kedua tabung tersebut
  6. Kocok tabung tersebut hingga homogen. Untuk memastikannya, Anda dapat melihat perubahan warna yang terjadi pada kedua tabung tersebut.
  7. Setelah itu, cocokkan warna air dengan tabel yang sudah tertera pada kotak petunjuk
  8. pH air kolam renang yang normal berada pada 7.2 – 7.6 ppm, apabila pH air kolam renang tersebut lebih dari batas normal, maka Anda perlu menambah HCL untuk menurunkan kadar pH air kolam renang tersebut. Sementara itu, Anda perlu menambahkan Soda Ash jika pH air kurang.
  9. Untuk Chlorine, kadar normalnya ada pada 1.0 – 1.5 ppm, jika kurang dari batas normal maka Anda perlu menambahkan kaporit pada kolam renang tersebut.
  10. Apabila sudah selesai, Test kit dapat dicuci dan dikeringkan untuk digunakan kembali sewaktu-waktu.

Pentingnya Mengecek Kadar Air Kolam Renang Menggunakan Test kit

Mengecek kadar pH dan Chlorine kolam renang dengan menggunakan Test kit dinilai begitu penting untuk menjaga kualitas air kolam renang. Apabila kadar pH dan Chlorine pada air kolam renang tersebut ideal, maka air kolam renang tersebut pun akan selalu terjaga kualitasnya. Dengan begitu, Anda akan merasa nyaman dan aman saat berenang di kolam tersebut. Karena itulah, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan Test kit kolam renang yang benar untuk memeriksa kadar air kolam renang tersebut. Namun jika Anda tak punya waktu untuk memeriksa kadar air kolam renang, Anda bisa minta bantuan jasa perawatan kolam renang yang terpercaya.

caara menggunakan test kit yang benar

Akibat Kadar pH Kolam Renang Terlalu Asam

Kadar pH kolam renang seharusnya berada pada tingkat yang normal. Namun apabila kadar pH air kolam renang terlalu rendah sehingga membuat tingkat keasamannya tinggi, maka akan menyebabkan hal-hal berikut ini:

  1. Keramik kolam renang akan cepat ditumbuhi lumut akibt tingkat keasaman yang terlalu tinggi dalam air kolam renang.
  2. Bahan yang terbuat dari besi akan mudah berkarat
  3. Penggunaan Chlorine akan meningkat
  4. Menyebabkan kulit terasa kering dan gatal sehabis berenang
  5. Baju renang akan mudah rusak

Akibat Kadar pH Kolam Renang Terlalu Basa

Apabila kadar pH kolam renang terlalu tinggi sehingga air kolam renang terlalu basa, beberapa hal yang akan timbul di antaranya:

  1. Air kolam renang menjadi keruh
  2. Kemampuan klorin sebagai pembunuh kuman dan bakteri akan menurun
  3. Menyebabkan iritasi pada mata, hidung terasa panas, serta kulit kering dan gatal sehabis berenang.

Akibat Kadar Chlorine yang Tidak Ideal

Apabila kadar Chlorine dalam kolam renang  terlalu rendah maka air kolam renang akan mudah keruh karena lumut dan bakteri. Akibatnya, akan timbul iritasi pada mata, hidup, dan kulit sehabis berenang di kolam tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang cara menggunakan Test kit kolam renang yang benar untuk memastikan kadar pH dan Chlorine pada air kolam renang. Pengecekan tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala untuk menjaga kondisi air kolam renang. Apabila Anda butuh bantuan untuk membeli perlengkapan kolam renang Anda, silakan hubungi Ideal Pools. Kami merupakan kontraktor kolam renang dan perawatan kolam renang terbaik se-Jabodetabek yang siap membantu Anda menjaga kualitas air kolam renang di rumah Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di nomor HP 081318893311 atau di alamat email kami di idealpool@yahoo.com

baca juga : 5 Alat Perawatan Kolam Renang Yang Wajib Anda Miliki