cara menghitung kapasitas pompa koam renang

Cara Menghitung Kapasitas Pompa Kolam Renang dengan Mudah

Cara Menghitung Kapasitas Pompa Kolam Renang dengan Mudah

cara menghitung kapasitas pompa koam renang

Cara menghitung kapasitas pompa kolam renang akan sangat memudahkan Anda dalam menentukan pompa kolam renang yang tepat. Jika kapasitas pompa tersebut sesuai maka fungsinya pun akan sesuai. Seperti kita ketahui bahwa pompa kolam renang adalah salah satu bagian paling penting dari sebuah kolam renang. Bahkan bisa dibilang kalau pompa kolam renang merupakan jantungnya kolam renang. Jadi, jika Anda memilih pompa yang tepat, maka air di kolam renang tersebut akan jadi lebih sehat dan jernih. Untuk menentukan kapasitas pompa kolam renang yang akan digunakan, Anda harus memperhatikan tiga parameter, yakni mengetahui kubikasi air dalam kolam renang, mengetahui jarak kolam renang dengan ruang poma, dan mengetahui luas ruangan yang disediakan untuk pompa. Dengan tiga parameter tersebut Anda akan mendapatkan hasil perhitungan pompa kolam renang yang lebih maksimal. Untuk lebih jelasnya, simak keterangan detail mengenai parameter tersebut!

Menghitung Kubikasi Kolam Renang

Kubikasi kolam renang merupakan salah satu parameter yang mempengaruhi HP pompa kolam renang yang akan digunakan. HP pompa kolam renang nantinya akan berpengaruh pada kekuatan hisap dan daya dorong air ke sistem filtrasi.

Untuk menghitung kubikasi kolam renang, Biasanya jasa kontraktor kolam renang yang berpengalaman akan menggunakan rumus berikut ini:

Misalnya untuk kolam renang berukuran 10 meter, lebar 4 meter, dan kedalam 1,5 meter, cara menghitung kubikasinya adalah dengan rumus panjang x lebar x dalam, yaitu 10 meter x 4 meter x 1,5 meter= 60 m3.

Menghitung Jarak Kolam Renang dengan Ruang Pompa

Jarak kolam renang dengan ruang pompa menjadi salah satu parameter yang mempengaruhi cara menghitung kapasitas pompa kolam renang. Sebab, jarak kolam renang dengan ruang pompa akan mempengaruhi flow rate atau kemampuan pompa dalam mengalirkan air dalam jangka waktu tertentu.

Misal jarak pompa kolam renang lebih dari 1,5 meter, sebaiknya Anda menambahkan setengah HP dari ukuran normal yang diperlukan. Anda dianjurkan untuk memilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan agar berdampak baik pada sistem sirkulasi dan bisa lebih menghemat biaya. Apabila terlalu kecil, maka hasilnya pun akan kurang maksimal dan pastinya akan memakan waktu yang lebih lama untuk proses sirkulasinya. Namun, apabila ukurannya  terlalu besar dari yang telah ditentukan, maka pipa instalasi dan filter yang dipakai akan mudah rusak. Selain itu, dana yang digunakan untuk pengadaan pompa dan daya listrik pun akan semakin membengkak.

cara menghitung kapasitas pompa koam renang

Menghitung Luas Ruang Untuk Pompa Kolam Renang

Anda harus memastikan luas ruang untuk pompa kolam renang tersebut sesuai dengan kebutuhan agar pompa tersebut dapat diinstal secara lebih maksimal.

Cara Menghitung Kapasitas Pompa Kolam Renang

Setelah Anda mengetahui tiga parameter tersebut, Anda dapat dengan mudah mengetahui cara menghitung kapasitas pompa kolam renang berikut ini:

Misalnya, kubikasi air kolam renangnya adalah 60 m3 maka Anda dapat memilih pompa dengan ukuran 1 HP dan ukuran flow rate-nya adalah 16 m3/jam. Maksudnya, pompa satu HP dapat mengalirkan air kolam renang sebanyak 16 m3 dalam kurun waktu satu jam. Untuk kubikasi air kolam renang sebesar 60 m3, diperlukan waktu satu kali sirkulasi kurang lebih selama 4 jam. Perhitungannya adalah 60 : 16 = 3.75. Agar proses sirkulasinya bisa berlangsung dengan lebih cepat maka Anda bisa menggunakan pompa 2 HP.

Dari pembahasan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa pemilihan pompa kolam renang yang tepat memang dipengaruhi oleh ketiga parameter yang telah kita bahas di atas. Dengan mengetahui kubikasi air kolam renang, jarak kolam renang dengan ruang pompa, dan mengetahui kondisi luas ruangan pompa, Anda akan lebih mudah mengetahui cara menghitung kapasitas pompa kolam renang secara tepat.

Jika Anda kesulitan dalam menentukan pompa kolam renang yang tepat, Anda dapat berkonsultasi dengan Ideal Pools. Kami merupakan kontraktor pembuatan kolam renang dan jasa perawatan kolam renang yang terpercaya, berpengalaman, dan akan memberi garansi pasti bukan sekadar janji. Kami dapat membantu Anda memilih pompa kolam renang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

baca juga : 5 Alat Perawatan Kolam Renang Yang Wajib Anda Miliki