cara menurunkan kadar klorin kolam renang

Cara Menurunkan Kadar Klorin Kolam Renang dengan Bahan Kimia dan Lampu Ultraviolet

Ada beberapa cara menurunkan kadar klorin kolam renang yang bisa Anda lakukan, di antaranya dengan menggunakan bahan kimia dan lampu ultraviolet. Kadar klorin yang terlalu tinggi pada air kolam renang memang bisa berdampak buruk bagi kualitas air di kolam renang tersebut. Karena itulah, Anda harus menggurangi kadar klorin pada kolam renang secara berkala tanpa menimbulkan resiko pencemaran. Penasaran bagaimana cara menurunkan kadar klorin pada kolam renang? Simak pembahasannya berikut ini!

Menambahkan Bahan Kimia Untuk Menurunkan Kadar Klorin

Cara menurunkan kadar klorin kolam renang bisa dilakukan dengan menambahkan bahan kimia. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Anda perlu membeli penetral klorin dari toko perlengkapan kolam renang. Bahan-bahan kimia yang dijual di toko pemasok kebutuhan kolam renang biasanya telah memiliki takaran yang sesuai dengan kebutuhan. Bahan-bahan kimia yang paling lazim digunakan sebagai penetral klorin adalah Natrium tiosulfat dan Hidrogen peroksida.
  • Selagi Anda menambahkan bahan kimia ke kolam renang, jangan gunakan kolam renang untuk sementara waktu demi menjaga kesehatan Anda.
  • Dalam penggunaan bahan kimia untuk menurunkan kandungan klorin dalam kolam renang, Anda perlu memperhatikan standar keselamatan yang ditentukan. Misalnya, pelajari label produk dengan cermat untuk instruksi penanganan, simpan bahan kimia di tempat penyimpanan yang aman, dan hanya membuka satu wadah bahan kimia pada satu waktu.
  • Gunakan bahan kimia sesuai kebutuhan. Anda harus mengikuti instruksi produk untuk menentukan cara dan banyaknya penggunaan bahan kimia ke kolam renang. Pada umumnya, penambahan natrium tiosulfat adalah sekitar 0,5 ons (15 ml) per 1.000 galon (3.800 liter) air.

cara menurunkan kadar klorin kolam renang

Sebanyak 2,6 ons (77 ml) natrium tiosulfat dapat menurunkan kadar klorin sebesar 1 ppm dalam 10.000 liter air. Untuk membantu Anda menghitung penambahan bahan kimia untuk menurunkn klorin, cobalah untuk minta bantuan penyedia jasa perawatan kolam renang yang terpercaya.

  • Tambah penetral dalam dosis yang sedikit. Penambahan penetral yang berlebihan akan beresiko membuat kadar klorin dalam kolam renang merosot tajam. Sementara itu, penetral yang tidak terpakai akan mengendap di dalam kolam dan justru akan menghancurkan klorin yang dimasukkan. Untuk itu, gunakan 1/3 atau ½ dari jumlah yang telah Anda hitung.
  • Tunggu hingga beberapa saat hingga kolam renang mulai bereaksi pada bahan kimia yang ditambahkan sehingga membut kadar klorinnya menurun. Sembari menunggu, sering-seringlah menguji dan jangan masuk ke kolam renang hingga parameter kembali normal.
  • Naikkan kadar pH jika dirasa perlu. Setelah kadar klorin kembali normal, Anda bisa menaikkan kadar pH agar berada di antara 7,2 dan 7,8, dan idealnya sedekat mungkin dengan 7,5.

Menggunakan Lampu Ultraviolet Untuk Menurunkan Kadar Klorin

cara menurunkan kadar klorin kolam renang

Penggunaan lampu ultraviolet juga bisa jadi salah satu cara menurunkan kadar klorin kolam renang.

  • Pahami disinfeksi UV. Lampu Ultraviolet dapat menguraikan sebagian zat yang menyebabkan bahaya pada kolam yang mengandung klorin. Namun, Anda harus memperhatikan peraturan kesehatan sebelum menggunakan lampu ini.
  • Coba gunakan lampu bertekanan sedang (Medium Pressure (MP)). Lampu ini mampu menguraikan sebagian besar klorin yang ada. Lampu ini dianggap yang paling efektif untuk menguraikan kloromina, zat yang menyebabkan kulit mengalami iritasi, mata pedas, dan bau “klorin”.
  • Pertimbangkan lampu Ultraviolet bertekanan rendah (Low Pressure (LP)). Lampu jenis ini kerap kali disebut sebagi alat pembersih karena memiliki kemampuan desinfeksi yang sangat baik.
  • Uji kolam renang setelah pemasangan lampu. Sebaiknya Anda menggunakan jasa kontraktor kolam renang yang punya tenaga profesional untuk memasang sistem Ultraviolet pada kolam renang Anda. Setelah sistem terpasang sesuai dengan spesifikasi, Anda hanya perlu melakukan proses pemeliharaan yang relatif mudah. Lanjutkan menguji kolam renang untuk menjaga kadar klorin pada 1 ppm atau kadar rendah sesuai yang telah ditentukan.

Itulah beberapa cara menurunkan kadar klorin kolam renang yang bisa Anda lakukan. Apabila Anda butuh bantuan tenaga profesional yang handal dalam menangani pool water treatment, hubungi saja Ideal Pools. Kami memiliki tenaga kerja yang profesional dan konsisten sehingga mampu melakukan water treatment secara tepat. Untuk berkonsultasi dengan kami, silakan hubungi nomor 081318893311 atau ke alamat email kami di idealpools@yahoo.com

baca juga 7 Tips Memilih Seluncuran Kolam Renang Yang Tepat