Cara Perawatan Kolam Renang

jasa perawatan kolam renang

Siapa yang hobi berenang? Atau siapa yang ingin menikmati berendam santai di kolam pribadi? Tentu hampir semua orang menggemari dua hal tersebut. Tetapi, bagaimana jika kolam yang akan digunakan ternyata kotor? Kurang nyaman? Atau air yang kurang bersih? jawabannya ialah perlu dilakukan perawatan kolam renang secara berkala. Merawat kolam renang sebenarnya susah – susah gampang. Selain merawat keseluruhan bagian kolam renang, perlu juga secara berkala merawat air kolam renang.

Perawatan kolam renang memang harus dilakukan dan harus terjadwal. Perlu dijadwalkan kapan harus menguras kolam renang, kapan harus mengganti air kolam renang. untuk kolam renang yang berukuran besar yang biasanya untuk rekreasi maupun untuk kolam kecil milik pribadi tetap perlu perawatan kolam renang.

jasa perawatan kolam renang bogor

Perawatan Kolam Renang Rutin

Dalam merawat air kolam, memang perlu pembelajaran dan ketelatenan. Karena terkadang hasilnya dipengaruhi dari seberapa berpengalamannya pelaku perawatan. Memang untuk ukuran kolam yang besar diperlukan keahlian yang cukup mumpuni. Tetapi kembali lagi, jika mau dan mampu untuk belajar tentu akan berhasil juga.

Jika anda ingin melakukan perawatan kolam renang anda sendiri, maka anda dapat membaca petunjuk dan tips yang kami berikan. Tetapi apabila anda merasa kurang memiliki banyak waktu dan tidak ingin ribet, maka kontraktor kolam renang Jakarta dapat membantu anda dengan menyediakan pelayanan perawatan kolam renang. Sekarang simak penjelasan tips dari kami untuk perawatan kolam renang.

Masuk kedalam ruang mesin

Jika anda memiliki kolam renang, tentu anda harus menyediakan ruang yang berfungsi sebagai penyimpanan mesin pendukung. Berikut yang harus anda lakukan

  1. Mematikan terlebih dahulu mesin kolam
  2. Handle filter arahkan pada posisi filter
  3. Untuk kolam over flow / semi over flow nyalakan pipa vaccum
  4. Untuk kolam tipe skimmer, nyalakan skimmer
  5. Arahkan pada posisi off untuk pipa maindrain (hal ini dilakukan agar saat menghisap, daya vaccum lebih kencang)
  6. Arahkan pada posisi off untuk pipa balancintank, ini untuk kolam over flow / semi over flow
  7. Nyalakan kembali mesin anda dan perlengkapan dari vaccum siap digunakan

Setelah prosedur diatas dijalankan, anda dapat membersihkan kotoran yang berukuran besar menggunakan leaf skimmer. Lalu sikat dinding kolam serta lantai dasar kolam dengan menggunakan pool brush atau sikat kolam, kemudian kembali ke ruang mesin.

Mencuci filter dan membilas filter

  1. Matikan dahulu mesin kolam
  2. Handle filter arahkan pada posisi backwash
  3. Nyalakan pipa vaccum atau skimmer
  4. Matikan pipa maindrain
  5. Untuk over flow maupun semi over flow, matikan pipa balancintank
  6. Nyalaka pipa pembuangan
  7. Hidupkan mesin dan amati tabung kaca yang berada di dekat handle filter hingga terlihat bahwa air berubah menjadi jernih

Posisi sirkulasi normal

  1. Mesin kolam harus dalam keadaan off
  2. Arahkan handle filter pada posisi filter
  3. Matikan pipa vaccum untuk system over flow maupun semi over flow
  4. Matikan pipa skimmer (apabila anda menggunakan tipe system skimmer maka artinya skimmer pipe boleh dalam posisi on/off)
  5. Nyalakan pipa maindrain
  6. Untuk system over flow atau semi over flow apabila air dalam balancintank sudah penuh baru nyalakan pipa balancintank
  7. Nyalakan pipa pembuangan
  8. Baru nyalakan mesin kolam

Setelah melakukan pembersihan dengan panduan vaccum normal, maka perlu pengujian konsentrasi air dalam kolam renang menggunakan test pit. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa nilai pH atau chlorine dalam air kolam renang. Berikut ini langkah – langkahnya:

  • Masukkan air kolam renang ke dalam tabung test kit
  • Tambahkan 5 tetes pH serta 5 tetes oto chlorine
  • Tutup tabung test kit, lalu kocok hingga tercampur dan mulai kelihatan range warna
  • Amati apakah warna yang didapat dari pencampuran itu sama, mendekati atau lebih tajam, lalu amati warna idealnya dan bandingkan dengan tabung tersebut.
  • Apabila didapat ternyata range warnanya lebih tinggi, maka anda dapat menambahkan tawas atau cairan HCL untuk tujuan kubikasi diatas bisa juga ditambahkan 7 kg untuk tawas atau 5 liter cairan HCL, anda dapat memilih salah satu diantaranya.
  • Apabila didapat range warna yang lebih rendah tambahkan soda ASH secukupnya atau bisa juga sebanyak 1kg serta jika nilai Cl rendah, anda dapat menambahkan kaporit granular 90% sebanyak 3 hingga 4 genggaman tangan orang dewasa atau bisa juga kaporit 60% sebanyak 0,5 – 1 kg.
  • Setelah langkah diatas, anda dapat menambahkan Cl tablet 90% sebanyak 2 butir. Ini berfungsi untuk mengikat atau menstabilkan Cl agar tidak gampang drop. Selain itu, ini juga berfungsi untuk membunuh kuman.
  • Cairkan terlebih dahulu trusi 1 hingga 2 genggam orang dewasa dalam wadah lain. Lalu tambahkan kedalam kolam renang. Cairan ini berfungsi untuk menghindari pertumbuhan dari lumut.
  • Nyalakan mesin 6 – 8 jam perhari untuk hasil yang maksimal

Setelah melakukan seluruh proses diatas maka perawatan kolam renang telah selesai. Perawatan kolam renang memang harus dilakukan secara rutin. Tips yang kami berikan diatas dapat anda ulangi setiap 3 hari sekali untuk mendapatkan kebersihan kolam renang yang maksimal. Atau apabila anda merasa kurang yakin untuk mencoba sendiri, anda dapat menghubungi kontraktor kolam renang Jakarta. Anda dapat mengakses di idealpools.id . Walaupun dikatakan sebagai kontraktor, kami juga bergerak pada bidang maintenance kolam renang. Jadi anda jangan khawatir, jika anda perlu bantuan untuk perawatan kolam renang, anda menghubungi orang yang tepat. Sekian tips dan petunjuk dari kami. Have a nice day