Berbagai Fungsi dan Tips Memilih Obat Kolam Renang yang Aman

Kontraktor Kolam Renang Idealpools 33-min-ink

Anda perlu mengetahui apa saja fungsi dan juga tips memilih obat kolam renang yang aman untuk digunakan. Kolam renang sendiri memang terdapat kandungan unsur-unsur kimia yang menyatu. Senyawa kimia tersebut membuat perubahan pada air kolam renang. Penggunaan bahan kimia tersebut dilakukan bersamaan dengan waktu perawatan kolam renang tersebut. Sebagian ahli berpendapat bahwa bahan-bahan kimia tersebut aman untuk digunakan pada kolam renang karena telah bereaksi dengan oksigen sebagai oksidasi. Namun, sebagian ahli berpendapat bahwa obat kimia tersebut juga bisa membahayakan kesehatan manusia bila tidak digunakan sesuai dengan takaran yang telah ditentukan.

Fungsi Bahan-Bahan Kimia Kolam Renang

Sebelum kita membahas tips memilih obat kolam renang yang aman, Anda harus mengetahui apa saja fungsi dari bahan-bahan kimia pada sebuah kolam renang.

  1. Sebagai Penyeimbang

Salah satu fungsi dari penggunaan bahan kimia kolam renang adalah untuk penyeimbang kadar Chlorine dan pH atau kelembaban air kolam renang. Kadar Chlorine dan kelembaban pada air kolam renang tersebut akan berubah apabila terkena panas matahari secara langsung. Begitupun pada musim penghujan, dimana kadar kelembaban air kolam renang dan Chlorine akan mudah berubah. Karena itulah, bahan-bahan kimia digunakan untuk menyeimbangkan kembali kadar Chlorine serta kelembaban air agar tetap normal.

  1. Sebagai Anti Bakteri

Bahan-bahan kimia yang digunakan pada sebuah kolam renang juga berfungsi sebagai anti bakteri. Dalam sebuah kolam renang, terdapat begitu banyak kuman dan bakteri. Karena itulah, dibutuhkan bahan kimia untuk membunuh kuman dan bakteri tersebut.

Apabila kolam renang tersebut tidak dibersihkan, maka para pengguna kolam renang tersebut akan mudah terkena penyakit kulit dan gatal-gatal setelah berenang di dalamnya. Karena itulah, bahan kimia digunakan untuk membunuh mikro organisme yang ada di kolam renang tersebut. Agar bahan kimia tersebut dapat digunakan secara optimal, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan jasa perawatan kolam renang yang terpercaya.

  1. Sebagai Pembunuh Lumut dan Alga yang Tumbuh di Kolam Renang

Ganggang air dan lumut merupakan faktor yang membuat warna air kolam menjadi kehijauan. Meski Anda bisa membersihkan ganggang dan lumut yang tumbuh di dinding maupun lantai kolam renang dengan cara disikat, namun hal ini dirasa kurang optimal. Untuk  hasil yang maksimal, bahan-bahan kimia sangat diperlukan karena mampu menahan pertumbuhan ganggang dan lumut tersebut.

  1. Sebagai Penghemat Biaya dan Waktu

Penggunaan bahan kimi dinilai dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk mengisi ulang air kolam renang. Setidaknya, Anda dapat menghemat biaya penambahan dan pembelian air kolam renang hingga mencapai 30%.

Selain mampu menghemat biaya, metode ini juga akan menghemat waktu Anda. Sebab, Anda tidak harus repot-repot menguras kolam renang dan mengganti dengan air yang baru. Kecuali jika memang kualitas air kolam renang tersebut sudah terlalu parah atau keruh.

Tips Memilih Bahan Kimia Kolam Renang yang Aman Untuk Digunakan

Dalam melakukan perawatan kolam renang, bahan kimia memang diperlukan untuk menjaga kualitas air kolam renang tersebut. Agar bahan-bahan kimia tersebut tidak menimbulkan efek yang negatif, Anda perlu menyimak tips memilih obat kolam renang yang aman untuk digunakan berikut ini:

  1. Penggunakan HCL harus sesuai dengan takaran atau dosis yang telah ditentukan

HCL merupakan bahan kimia kolam renang yang digunakan untuk membersihkan lumut, flek kuning pada keramik, ataupun kerak air yang ada pada kolam renang. Namun, penggunaanya harus sesuai dengan takaran ataupun dosis yang telah ditentukan. Sebab, apabila digunakan secara berlebihan bahan kimia tersebut dapat menyebabkan kolam renang mudah bocor.

  1. Penggunaan PAC dan Soda Ash secara bersamaan harus sesuai dengan takaran kubikasi air

 

Penggunaan PAC dan Ash dapat menjernihkan air yang keruh akibat lumut yang mati. Namun, jika kedua bahan ini digunakan secara bersamaan, Anda perlu menyesuaikan takarannya dengan kubikasi air. Apabila hal tersebut tidak diperhatikan, maka air kolam akan kebal pada Chlorine dan pH control sehingga harus dikuras.

  1. Penggunaan Conversulat harus diperhatikan takarannya

Conversulat digunakan untuk mencegah timbulnya lumut pada kolam renang. Namun, Anda harus memperhatikan takarannya pada saat Anda hendak menggunakan bahan kimia ini. Jika tidak, Conversulat beresiko menyebabkan kerontokan rambut pada manusia, dan merusak pakaian renang.

Itulah beberapa fungsi dan tips memilih obat kolam renang yang aman. Untuk kebutuhan perawatan kolam renang, percayakan saja pada kontraktor kolam renang yang terpercaya. Ideal idealpools.id menyediakan layanan pembuatan kolam renang, perawatan, perbaikan, dan berbagai macam peralatan kolam renang terlengkap sehingga kualitas air kolam renang Anda bisa terjaga dengan baik.

baca juga : Konstruksi Kolam Renang Overflow Lengkap Detail Ilustrasi