fungsi waterproofing kolam renang

Fungsi Waterproofing Kolam Renang dengan Sistem Coating

Fungsi waterproofing kolam renang- Waterproofing merupakan sebuah prosedur yang bisa membuat sebuah obyek atau media lebih tahan tahan air. Penggunaan waterproofing dimaksudkan untuk melindungi atau menjaga ketahanan sebuah bangunan, termasuk salah satunya adalah kolam renang. Ada berbagai jenis waterproofing yang biasa digunakan untuk menjaga ketahanan konstruksi kolam renang. Penggunaan waterproofing dirasa begitu penting karena dapat mencegah timbulnya kebocoran pada sebuah kolam renang tersebut.

Pengertian Waterproofing Kolam Renang

Waterproofing kolam renang merupakan suatu tahapan untuk membuat kolam renang lebih kedap air. Tujuan dari waterproofing pada kolam renang adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran pada kolam renang tersebut.

Fungsi waterproofing kolam renang dianggap penting karena dapat menjadi pelapis dinding agar lebih kuat dari tekanan. Karena itulah, dalam pembangunan sebuah kolam renang, waterproofing merupakan tahapan terpenting untuk menghindari masalah kebocoran pada kolam renang tersebut.

Swimming Pool

Apabila tahapan waterproofing telah dilakukan namun kebocoran kolam renang tetap terjadi, bisa saja kebocoran itu disebabkan oleh beberapa hal seperti pemilihan jenis waterproofing yang kurang tepat, proses pengerjaan yang salah, aplikatornya kurang berpengalaman, serta kualitas waterproofing yang kurang bagus. Oleh karena itu, Anda butuh bantuan dari kontraktor kolam renang yang berpengalaman untuk menghindari masalah kebocoran kolam renang terkait tahapan waterproofing ini.

Jenis dan Fungsi Waterproofing

Sebelum kita membahas tentang fungsi waterproofing kolam renang dengan sistem coating, terlebih dulu kita akan membahas tentang beberapa jenis waterproofing yang biasa diterapkan untuk memberi perlindungan pada sebuah bangunan, termasuk kolam renang. Berikut ini adalah beberapa jenis waterproofing berdasarkan sistemnya:

  • Waterproofing Berbasis Semen

Waterproofing berbasis semen sangat cocok diaplikasikan pada bangunan yang hampir selalu terendam oleh air seperti kolam renang dan juga kamar mandi. Waterproofing jenis ini sifatnya tidak ready to used, artinya semua bahan harus dicampur dan diaduk terlebih dahulu untuk bisa digunakan. Selain tidak ready to used, waterproofing jenis ini juga sifatnya tidak berwarna.

Untuk bisa digunakan, semua bahan harus diaduk dan harus langsung dipakai agar tidak mengeras. Biasanya, kontraktor pembuatan kolam renang akan memilihkan merk waterproofing semen yang berkualitas agar hasilnya dapat lebih maksimal.

fungsi waterproofing kolam renang

  • Waterproofing Berbasis Polimer

Waterproofing berbasis polimer merupakan jenis waterproofing yang cocok diterapkan pada konstruksi luar ruangan karena memiliki sifat yang elastis. Beberapa karakteristik dari sistem waterproofing jenis ini adalah ready to used alias bisa langsung diaplikasikan, tahan terhadap sinar Ultraviolet (UV), dan bisa dibuat berbagai macam warna. Meski demikian, waterproofing jenis ini punya kelemahan, yaitu kurang kuat untuk diterapkan pada bangunan yang terkena air secara terus menerus.

fungsi waterproofing kolam renang

Bagaimana dengan Waterproofing Kolam Renang dengan Sistem Coating?

Sistem coating merupakan sistem perlindungan berbahan dasar air. Bentuknya hampir menyerupai cat namun lebih kental dan kenyal. Cara pemakaiannya juga hampir sama dengan cat, yakni menggunakan kuas. Obyek atau media yang sering menggunakan sistem waterproofing ini adalah kolam renang, talang beton, atap, dinding samping, dan juga galvanum.

Sistem coating ini juga bisa juga berbahan dasar semen. Cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan semen dengan air. Setelah kedua tercampur rata, Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada bagian yang bocor.

Perlu Anda ketahui bahwa waterproofing dengan sistem coating berfungsi sebagai bahan pelapis anti bocor beton. Karena fungsi waterproofing dengan sistem ini hanya sebagai pelapis, maka waterproofing coating tidak dapat menahan tekanan pada air kolam. Dengan kata lain, waterproofing dengan sistem coating ini hanya berguna untuk menambal kebocoran pada sebuah kolam renang.

Kesimpulannya, fungsi waterproofing kolam renang dengan sistem coating merupakan langkah penting untuk memberi perlindungan pada sebuah kolam renang agar terhindar dari masalah kebocoran. Kebocoran kolam renang memang menjadi sebuah masalah yang sering kali membuat pusing para pemilik kolam renang karena akibatnya akan sangat serius jika tidak ditangani dengan baik sejak awal. Karena itulah, Anda harus memastikan dalam pembuatan kolam renang tersebut ada tahapan waterproofing dengan cara dan bahan yang tepat.

Jika Anda membutuhkan jasa waterproofing untuk kolam renang, Anda dapat menghubungi Ideal Pools. Kami merupakan kontraktor pembuatan kolam renang dan jasa perawatan kolam renang yang telah berpengalaman dan paham benar akan fungsi waterproofing kolam renang. Kami menjamin kepuasan para konsumen dengan memberikan kinerja yang terbaik dan garansi pasti.