hal-hal yang harus dipersiapkan dalam membuat kolam renang sendiri di rumah

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan dalam Membuat Kolam Renang Sendiri di Rumah

Jika Anda berniat untuk memiliki kolam renang pribadi, maka ada hal-hal yang harus dipersiapkan dalam membuat kolam renang sendiri di rumah. Menghadirkan kolam renang di rumah memang butuh sebuah perencanaan yang matang agar hasilnya nanti memuaskan dan bisa berfungsi dengan baik. Anda harus benar-benar merencanakan segala hal yang terkait pembangunan kolam renang seperti biaya, konstruksi, estetika, dan lain sebagainya. Nah, berikut adalah rangkuman mengenai aa saja hal yang harus Anda persiapkan dalam membuat kolam renang pribadi di rumah.

1.      Anggaran Pembangunan Kolam Renang

Biaya adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda persiapkan ketika hendak membangun sebuah kolam renang pribadi di rumah. Anda harus membuat rincian biaya untuk konstruksi, alat-alat filtrasi dan perpipaan, sistem penerangan, biaya air, hingga biaya sewa tukang ataupun kontraktor. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan biaya perawatan kolam renang tersebut. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi dengan kontraktor dan jasa perawatan kolam renang.

2.      Ukuran dan Tata Letak Kolam Renang

Anda harus memperhatikan ukuran kolam renang yang akan Anda bangun di lahan kosong di rumah Anda. Jika lahan yang tersedia tidak terlalu luas, maka sebaiknya buat kolam renang berukuran minimalis. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan tata letak kolam renang tersebut dengan tema rumah Anda.

3.      Konstruksi Kolam Renang

Ada hal-hal yang harus dipersiapkan dalam membuat kolam renang sendiri di rumah. Salah satunya adalah konstruksi kolam renang. Agar kolam renang tersebut tidak mudah mengalami kerusakan, maka konstruksi kolam renang harus dibuat dengan menggunakan bahan material yang tepat.

hal-hal yang harus dipersiapkan dalam membuat kolam renang sendiri di rumah

4.      Material Pelapis Lantai dan Dinding

Material pelapis lantai dan dinding yang biasanya berupa keramik atau granit sangat menunjang tampilan visual kolam renang tersebut. Agar kolam renang tersebut terlihat lebih luas dan bersih, sebaiknya pilih warna-warna yang terang. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan penggunaan bahan-bahan yang mudah untuk dibersihkan agar mudah dalam proses perawatannya.

5.      Konsumsi Listrik

Kolam renang membutuhkan listrik untuk mengoperasikan pompa yang digunakan untuk mengatur perputaran air. Selain itu, listrik juga dibutuhkan untuk penerangan di malam hari. Misalnya, sebuah kolam renang minimalis memerlukan sekitar 500-700 watt untuk konsumsi listriknya.

6.      Pasokan Air

Pasokan air yang digunakan untuk mengisi kolam renang bisa berasal dari berbagai sumber seperti air sumur mupun PAM. Agar air kolam renang bisa lebih dihemat, Anda harus bisa melakukan pemeliharaan kolam secara benar. Dengan begitu, air dalam kolam tidak harus terlalu sering diganti.

7.      Sistem Filtrasi

Sistem filtrasi menjadi salah satu dari hal-hal yang harus dipersiapkan dalam membuat kolam renang sendiri di rumah. Ada dua macam sistem filtrasi yang biasa dipakai pada kolam renang, yaitu sistem konvensional dan sistem integrated pool. Sistem konvensional dilakukan dengan menanam pipa-pipa struktur yang digunakan untuk mengalirkan air ke tangki filter pada bagian konstruksi kolam renang bagian bawah.

Sementara itu, sistem integrated pool and filter berarti sistem filtrasinya menyatu dengan struktur kolam renang. Sistem ini sangat cocok untuk kolam renang minimalis.

8.      Teras Kolam Renang

Teras atau pool deck kolam renang ada beberapa macamnya, misalnya dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang disusun secara artistik, dan juga bisa berupa teras yang menyatu langsung dengan bangunan rumah. Anda harus memastikan pool deck tersebut tidak licin, anti selip, dan selalu bersih.

hal-hal yang harus dipersiapkan dalam membuat kolam renang sendiri di rumah

9.      Kedalaman Air

Dalam pembuatan kolam renang, Anda juga harus memperhatikan kedalaman air pada kolam renang tersebut. Kedalaman kolam untuk anak-anak sebaiknya dibuat sekitar 0,5 meter. Sementara itu, untuk kolam renang dewasa, tingkat kedalamannya adalah sekitar 1,4 meter hingga 2 meter. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan menggabungkan keduanya dengan membuat pemisah berupa ramp.

10. Vegetasi

Vegetasi yang ada di sekitar kolam renang akan mempercantik tampilan kolam renang tersebut. Anda bisa menanam pohon kelapa, kamboja, dadap merah, ataupun pisang kipas di samping kolam renang untuk menciptakan nuansa alam yang natural.

Itulah hal-hal yang harus dipersiapkan dalam membuat kolam renang sendiri di rumah. Jika saat ini Anda ingin membuat kolam renang pribadi di rumah, percayakan saja pada kontraktor kolam renang Ideal Pools. Kami merupakan jasa spesialis kontraktor dan pemeliharaan kolam renang yang terbaik di Jabodetabek. Kolam renang skimmer, kolam overflow, dan semi overflow adalah keahlian kami. Kami akan bekerja secara profesional dan memberikan garansi pasti sehingga Anda merasa puas saat menggunakan jasa dari kami.