Jenis-Jenis Baju Renang Wanita

Jenis baju renang sangat penting dipertimbangkan ketika ingin berenang.  Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan dan pastinya membuat badan kita sehat. Untuk berenang, alangkah lebih baik memerlukan peralatan renang yang lengkap dan memenuhi standar. Salah satu perlengkapan renang adalah baju renang. Memakai baju khusus untuk berenang tentu akan memberi kenyaman dan kemudahan kita untuk bergerak bebas di dalam air.

Baju renang didesain khusus untuk berada di dalam air. Bahan yang digunakan sedikit menyerap dan menyimpan air sehingga tidak terlalu berat. Apabila memakai baju biasa untuk berenang tentu rasanya akan tidak nyaman. Baju seperti ingin lepas-lepas dan malah menyusahkan kegiatan renang kita.

Dahulu, di Amerika baju renang dianggap tidak sopan dan terlalu terbuka sehingga pemakaiannya sempat dilarang. Namun, di Prancis, Italia, hingga Brazil, baju renang malah menjadi trend kala itu. Baru seusai Perang Dunia II baju renang sudah mulai diterima di masyarakat umum dan orang-orang mengenakannya.

Lalu, apakah Anda sudah mengetahui jenis-jenis baju renang yang ada saat ini? Jika belum, yuk simak penjelasan tiap jenis-jenis baju renang berikut ini.

 

Bikini

Merupakan jenis baju renang wanita yang memberikan kesan seksi pada pemakainya. Ini merupakan jenis baju renang yang terpisah. Terdiri dari bagian atasan yang menutupi bagian dada saja namun bagian perutnya terbuka. Bagian bawahan memiliki bentuk tertentu seperti celana segitiga, rok, atau short pants. Tubuh yang berbentuk atletis, seksi, dan langsing cocok memakai jenis baju renang yang satu ini.

 

Tankini

Jenis baju renang ini merupakan perpaduan antara tanktop dengan celana pendek (short pants). Tankini cocok dipakai oleh wanita yang memiliki pinggul besar.

 

Monokini

Jenis baju renang monokini mirip dengan jenis baju renang bikini. Namun, perbedaannya adalah pada monokini atasan dan bawahan tidak benar-benar terpisah. Pada bagian perut masih sedikit tertutup sedangkan samping-sampingnya terbuka. Baju renang ini cocok untuk Anda yang percaya diri menampilkan seluruh lekuk tubuh.

 

One Piece

Baju renang ini memiliki model atasan terusan sampai ke bagian bawah, menutupi seluruh dada hingga ke perut. Bagian bawahnya berbentuk celana segitiga. Penggunaannya sama seperti jumsuit namun lebih ketat. Jenis baju renang ini paling sering ditemukan di toko-toko peralatan renang.

 

Surf Suit

Sebenarnya jenis baju renang ini diperuntukkan untuk berselancar atau menyelam. Atasannya memiliki lengan panjang. Tujuannya adalah untuk melindungi bagian tubuh dari berbagai benda tajam atau hewan laut yang berbahaya ketika berenang di laut. Jenis ini banyak digunakan untuk wanita yang tidak ingin tampil terbuka di depan umum saat berenang.

 

Burqini

Merupakan jenis baju renang yang cocok bagi Anda yang berhijab. Baju renang ini tertutup dengan atasan besar sampai menutup paha namun masih tetap nyaman digunakan daripada mengenakan baju biasa untuk berenang. Burqini cocok digunakan untuk segala bentuk tubuh.

 

Fatkini

Bikini two piece atau disebut fatkini, dirancang khusus bagi wanita yang bertubuh gemuk dan besar. Kini, wanita bertubuh gemuk pun tak harus malu ketika harus berenang di depan umum.

 

Memilih Jenis Baju Renang Wanita sesuai Bentuk Tubuh

Penting untuk memilih baju renang wanita sesuai bentuk tubuh karena jika kelonggatan atau kesempitan pasti tidak nyaman ketika digunakan untuk berenang.

Tubuh Berbentuk Buah Pir

Bentuk tubuh ini merupakan bentuk tubuh dengan bagian pinggang hingga paha lebih besar daripada bagian atas, seperti halnya buah pir.

Jenis baju renang yang cocok adalah baju yang memiliki model menonjolkan bagian perut dan pinggul serta menyamarkan bagian tubuh yang lebih besar di bagian bawah pinggang. Contoh model baju renang yang cocok adalah model bikini dengan atasan bermotif atau berenda dan bawahannya berwarna polos atau gelap. Hal ini akan lebih menonjolkan bagian atas tubuh. Namun, sebaiknya hindari memakai baju renang model one piece dengan model halter neck atau bawahan dengan renda karena akan membuat pinggul semakin terlihat besar.

 

Tubuh Atletis

Tubuh ini bagian bahunya lebih lebar daripada pinggul dan hanya memiliki sedikit lekukan. Sebaiknya pemilik tubuh ini mengenakan baju renang wanita dengan model feminin atau menunjukkan lekuk pinggang agar terlihat lebih feminin saat berenang.

Contohnya adalah jenis baju renang model bikini dengan detail halter neck yang bisa menyamarkan bahu atau monokini dengan sabuk yang bisa menegaskan lekuk pinggang. Pilih juga bawahan dengan potongan rendah agar kaki tampak jenjang. Detail renda atau motif bunga juga bisa membuat anda tampak feminin. Sebaiknya jangan memakai baju renang one piece karena akan membuat tubuh nampak rata.

 

Tubuh Berbentuk Buah Apel

Bentuk tubuh ini memiliki bagian pinggang lebih besar dibandingkan dengan bahu dan pinggul. Sebaiknya pilih model baju renang one piece dengan leher berbentuk huruf v yang memberikan kesan bagian atas lebih panjang dan berpotongan pinggul yang tinggi sehingga tubuh akan tampak lebih jenjang.

Agar tubuh terlihat lebih langsing sebaiknya cobalah mengenakan baju renang berwarna gelap atau memiliki motif berbentuk kecil-kecil dan penuh.

 

Tubuh Bak Jam Pasir

Bentuk tubuh ini memiliki lingkar pinggang yang kecil namun ukuran pundak, lingkar dada dan pinggul berbentuk simetris. Pemilik bentu badan ini sebaiknya memilih baju renang model halter neck. Baju renang wanita dengan detail di samping kiri dan kanan pinggang akan menegaskan bentuk pinggang yang kecil. Anda juga bisa memakai baju renang dengan lengan panjang. Selain bisa melindungi kulit dari sinar matahari, baju renang model ini cocok untuk pemilik tubuh jam pasir.

 

Tubuh Mungil

Tubuh yang mungil memiliki torso yang pendek sehingga perlu memilih model baju renang yang tepat agar tubuh tampak tinggi. Sebaiknya ketika berenang pemilik tubuh mungil mengenakan baju renang bikini dengan leher berbentuk huruf v agar terkesan lebih tinggi.

Baju renang dengan renda di bagian atas juga dapat mengalihkan perhatian orang ke bagian atas sehingga tubuh juga terkesan lebih tinggi. Sedangkan bawahannya, pilihlah yang berukuran kecil dan rendah sehingga kaki terlihat jenjang.

 

Tubuh Curvy

Bentuk tubuh memiliki bentuk bokong yang lebih besar. Sebaiknya pilih baju renang dengan model one-piece dengan satu warna atau baju renang model leher bentuk v untuk memperlihatkan lekukan tubuh. Jenis baju renang dengan motif kecil-kecil seperti bunga-bunga atau polkadot berukuran kecil akan membuat tubuh terlihat ramping.

 

Memilih baju renang memang susah susah gampang. Yang terpenting adalah kenyaman saat kita berenang. Namun, adapula yang berada di tempat dengan budaya yang sopan pasti malu ketika harus berenang mengenakan baju renang terbuka. Alternatifnya adalah pilih baju renang yang agak tertutup seperti model tankini, skirtini, atau yang lebih tertutup seperti model diving suit dan burkini (bagi muslimah).

Membahas mengenai renang pasti tak asing dengan kolam renang. Jika Anda ingin membuat kolam renang sendiri di rumah sehingga tidak harus repot keluar rumah apabila ingin berenang dan bisa renang sepuasnya, sebaiknya Anda menggunakan jasa kontraktor kolam renang Jakarta Idealpools. Tak hanya jago membuat kolam renang, kontraktor kolam renang ini juga melayani perawatan kolam renang seperti pembersihan dan renovasi kolam renang. Anda tinggal klik link idealpools.id. Semoga info-info dari jenis-jenis baju renang dan baju renang apa yang cocok untuk semua bentuk tubuh dapat menjadi inspirasi Anda ketika memilih baju renang.