MACAM MACAM FILTER KOLAM RENANG

filter kolam renang

Anda memiliki kolam renang? ingin menghemat air dan menjaganya tetap bersih? Berarti anda memerlukan sebuah filter kolam renang. Fungsi dari komponen ini adalah untuk menyaring kotoran dalam air. Sehingga, air yang akan dipakai pada kolam renang akan aman dari kotoran dan selalu bersih. Berikut ini kami sajikan beberapa macam filter kolam renang yang hampir di tiap kesempatan digunakan oleh kontraktor kolam renang Jakarta (Idealpools).

  • Sand Filter / filter pasir

Apabila anda pernah melakukan percobaan menyaring air kotor menggunakan pasir, ijuk, dan spons, maka konsep dari filter ini tidak jauh berbeda. Filter ini menggunakan jenis pasir yang cukup unik sebagai bahan penyaring.

Untuk cara kerja dari alat ini tidaklah rumit. Aliran air yang diarahkan kedalam  tanki filter secara kontinyu akan bergerak dan memenuhi bagian dalam filter. Lalu, air yang sudah mengalir tadi akan melewati lapisan pasir yang sudah disiapkan. Kotoran yang tercampur dalam air akan menempel pada lapisan pasir. Alat ini mampu menyaring kotoran pada ukuran kurang 40 mikron. Apabila anda memilih menggunakan filter berikut, maka anda harus mengganti pasir secara berkala dan selalu memeriksa kondisi pasir di dalam filter.

  • Catridge Filter 

Jika diatas tadi menggunakan pasir sebagai bahan utamanya, maka filter jenis ini menggunakan cartridge untuk menyaring kotoran. Karena menggunakan paper-cartidge menjadikan filter kolam renang berikut memiliki kemampuan untuk menyaring kotoran dengan ukuran sebesar 10 – 20 mikron. Karena menggunakan cartridge, maka perlu pembersihann secara menerus saat kotoran yang akan di saring telah menumpuk terlalu banyak. 

  • Diatomaceous Filter

Filter kolam renang jenis berikut ini sebenarnya memiliki konsep yang hampir sama dengan cartridge filter, tetapi yang membedakannya ialah penambahan bubuk diatomaceous earth. Bubuk ini berasal dari fosil organisme dalam air yang disebut diatom. Jika hanya dengan cartridge mampu menyaring kotoran 10 – 20 mikron. Tetapi, dengan penambahan bubuk DE pada cartridge, maka filter tersebut dapat menyaring kotoran dengan ukuran sebesar 3 – 5 mikron. Sebenarnya, struktur diatom cukup unik karena dinding selnya disusun dari 90% silika. Sehingga, memiliki kemampuan untuk menyaring air dengan sangat efektif. Karena keefektifan tersebut, filter jenis berikut cukup mahal harganya.

Demikian beberapa jenis filter kolam renang berdasarkan teknis cara kerjanya. Anda dapat memilih jenis filter mana yang anda rasa cocok untuk anda gunakan pada kolam renang anda. Tetapi apabila anda bingung dan ragu – ragu dalam memilih komponen, anda dapat menghubungi kontraktor kolam renang Jakarta (Idealpools) di idealpools.id