Pengertian dan Fungsi Sand Filter Pada Kolam Renang

Permasalahan dan Cara Memperbaiki Filter Kolam Renang yang Rusak

Pengertian dan Fungsi Sand Filter Pada Kolam Renang

Fungsi sand filter pada kolam renang- Jika pompa kolam renang diibaratkan sebagai jantungnya kolam renang, maka filter kolam renang merupakan paru-parunya. Sebab, filter merupakan bagian yang dapat digunakan untuk menyaring semua kotoran yang masuk ke dalam kolam renang. Salah satu filter kolam renang yang banyak digunakan adalah sand filter. Sistem filter ini harganya tidak terlalu mahal namun performanya terbilang cukup maksimal. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu besar namun sudah bisa memperoleh filter kolam renang yang berkualitas.

 

Pengertian Sand Filter Pada Kolam Renang

Sand filter merupakan filter kolam renang yang memakai pasir khusus untuk proses penyaringannya. Pasir yang digunakan pasa fiter ini berbeda dengan pasir yang biasa kita jumpai di sekitar rumah. Pasir khusus ini memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda dengan pasir biasa. Pasir yang digunakan sebagai filter kolam renang diameternya antara 0.4 hingga 0.5 mm. Semakin halus pasir tersebut maka akan semakin optimal pula kemampuannya dalam proses penyaringan sehingga air kolam tersebut pun akan semakin jernih.

Fungsi Sand Filter Kolam Renang

Ada berbagai macam sand filter kolam renang yang telah dikenal secara luas. Biasanya kontraktor kolam renang akan memilihkan merk sand filter berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kualitas dari sand filter akan mempengaruhi kemampuan dalam menerima tekanan yang diberikan dari mesin pompa kolam renang tersebut.

Apabila sistem sirkulasi pada kolam renang tersebut bermasalah atau tidak layak pakai, maka kejernihan air kolam renang tersebut juga akan terganggu. Karena itulah, fungsi sand filter pada kolam renang tersebut adalah untuk menyaring partikel kotoran yang ada di dalam kolam sehingga kolam renang tersebut akan jernih.

Cara Kerja dari Sand Filter

Cara kerja dari sand filter dapat berjalan secara mekanis, bakterisidal, dan elektrolisis. Artinya, dalam proses filterisasi ada bahan koloid yang bisa bertahan dalam bentuk lapisan gelatin. Ada pula ion pasir yang akan menetralkan ion yang larut di dalam air. Ion pasir tersebut juga sebagian ada yang mengalami ionisasi di dalam proses filterisasi.  Selain itu, ada pula lapisan pasir yang mengandung organisme hidup dan dapat memakan bahan organisme sehingga air di kolam renang bisa jernih.

Pengertian dan Fungsi Sand Filter Pada Kolam Renang

 

Dalam sand filter, pasir yang digunakan merupakan silica sand yang halus, bersih, dan tahan lama. Silica sand tersebut diletakkan di atas kerikil atau koral yang diletakkan secara berlpis-lapis.

Besarnya ukuran pasir yang digunakan tersebut sangat mempengruhi efektivitas dari proses filterisasi di kolam renang tersebut. Pasir khusus tersebut dalam jangka waktu tertentu harus dicuci dengan menggunakan cara back washed system. Artinya, air dialirkan secara terbalik atau berlawanan arah pada aliran air dengan kecepatan yang memungkinkan pasir mengalami pemuaian. Hal ini akan membuat proses filtrasi tetap bisa berjalan dengan maksimal.

Agar fungsi sand filter pada kolam renang tetap bisa optimal, Anda perlu memperhatikan cara kerja dari sand filter kolam renang tersebut.

Filter pasir kolam renang akan mengalirkan air dari permukaan pasir yang terdapat pada filter. Tekanan pompa dan gaya grafitasi akan membantu mendorong air agar turun ke bawah. Kotoran yang berukuran lebih besar dari celah antar pasir akan tertahan dan air yang lebih bersih bisa tetap mengalir ke kolam.

Ketika permukaan pasir sudah terlalu kotor dan tekanan pada meteran filter sudah naik hingga 10 psi, maka itulah saatnya Anda membersihkannya dengan cara backwash.

Sistem sirkulasi yang benar adalah air kotor akan disedot oleh pompa kolam renang dan dimasukkan ke dalam sand filter untuk menjalani proses filterisasi. Terakhir, air yang sudah mengalami filterisasi akan menjadi lebih jernih dan bisa dialirkan kembali ke dalam kolam renang.

Namun, apabila sistem sirkulasinya salah maka air yang sudah bersih tadi tidak bisa mendorong air kotor untuk diarahkan ke bagian filter sehingga air di kolam renang akan tetap kotor. Padahal seharusnya air yang sudah bersih mampu mendorong air kotor ke filter sehingga kolam renang tersebut bisa tetap jernih.

Kontraktor pembuatan kolam renang dan jasa perawatan kolam renang Ideal Pools akan menyediakan berbagai macam peralatan kolam renang, termasuk sand filter. Filter pasir yang disediakan mampu oleh Ideal Pools memiliki kualitas yang baik dan harganya pun terbilang cukup terjangkau. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan fungsi sand filter pada kolam renang dengan sebaik mungkin. Jadi, percayakan pengadaan sand filter pada Ideal Pools, kontraktor pembuatan kolam renang terbaik di Jabodetabek.