Peralatan Renang Anak yang Wajib Anda Lengkapi Ketika Berenang

Bagi anak-anak, berenang merupakan suatu hal yang sangat menggembirakan. Bermain air, tertawa ceria, pasti mereka sangat menikmati keseruan saat berenang. Di balik kegembiraan tersebut, orang tua tidak boleh mengabaikan faktor keselamatan dan kenyamanan anak ketika berenang. Perlengkapan renang merupakan salah satu hal yang wajib ada ketika memutuskan untuk mengajak anak berenang karena selain membuat gerak lebih leluasa ketika berenang tentu lebih aman pula keselamatan sang anak.

Apakah selama ini ketika Anda mengajak anak renang sudah memperhatikan dan melengkapi segala peralatan renangnya? Apakah Anda sudah tahu peralatan renang anak itu apa saja? Jika belum, yuk mari simak ulasannya berikut ini!

 

Sunblock Anak

Benda yang satu ini sangatlah penting ketika Anak berenang di kolam terbuka. Berada di dalam air memang bisa membuat suhu badan sejuk dan tidak menyadari paparan sinar ultraviolet (UV). Namun, sebenarnya sinar matahari dapat mengenai seluruh badan anak walaupun berada di dalam air.

Selain agar kulit badan anak tidak gosong, manfaat sunblock bagi anak yaitu dapat melindungi kulit anak dari paparan sinar UV A dan UV B yang berbahaya bagi kulit. Efek jangka panjang paparan sinar ini dapat memicu timbulnya kanker kulit. Pasti Anda tidak mau kan anak Anda mengalami hal tersebut?

Pilihlah sunblock dengan SPF 50 PA+++ karena kandungannya maksimal melindungi kulit dari efek buruk sinau matahari. Sebaiknya gunakan sunblock yang waterproof agar tidak mudah luntur ketika terkena air. Walaupun Anda sudah pakaikan anak pakaian renang yang panjang menutupi tangan dan kaki, tetapi sinar UV A dan UV B masih mampu menembus pakaian.

Selalu oleskan sunblock khusus anak minimal 15-30 menit sebelum mulai berenang agar sunblock terserap sempurna terlebih darulu ke kulit sehingga siap untuk memproteksi kulit anak Anda. Gunakan sunblock dari wajah sampai tangan dan kaki ya.

 

Pakaian Renang

peralatan renang

Ketika berenang menggunakan pakaian biasa yang dipakai sehari-hari tentu rasanya agak tidak nyaman. Akan lebih baik dan memberikan kenyaman agar leluasa bergerak ketika berenang sebaiknya menggunakan pakaian renang. Penting untuk mengenakan pakaian khusus untuk berenang karena pakaian renang memang dirancang khusus demi kenyamanan saat berenang. Pakaian renang menggunakan bahan yang sangat minim menyerap dan menyimpan air sehingga tidak memberatkan pemakainya saat berada dalam air.

Pakaian renang terdiri atas baju renang dan celana renang, atau untuk anak perempuan bisa menggunakan satu set baju renang sekaligus celananya jadi satu.Sebaiknya memilih ukuran pakaian renang yang pas untuk anak, jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil sampai kesempitan, sebab apabila anak mengenakan pakaian renang yang terlalu besar, ia akan membuat pergerakan yang lebih berat, baju akan terasa bergoyang dan ingin lepas yang tentunya membuat anak tidak nyaman untuk berenang. Sementara pakaian renang yang terlalu sempit bisa membuat sesak pada badan anak saat berenang.

 

Kacamata Renang

Air kolam renang mengandung klorin yang berpotensi membuat mata anak menjadi perih dan teriritasi. Oleh sebab itu, penting untuk anak menggunakan kacamata khusus renang saat berenang. Menggunakan kacamata renang juga membuat anak dapat melihat kondisi bawah air dengan jelas.

Anda bisa memilih kacamata renang yang memiliki fitur anti-fog yaitu fitur yang berguna untuk mencegah kacamata berkabut ketika dipakai terlalu lama. Apabila anak Anda memiliki mata minus, saat ini ada pula kacamata renang khusus untuk mata minus sehingga dapat Anda sesuaikan sang anak minus berapa.

Gunakan kacamata renang yang ukurannya mengikat pas di sekitar mata anak. Apabila terlalu kebesaran atau tidak pas maka air bisa masuk ke mata dan membuat mata menjadi pedih dan tidak bisa melihat jelas di air.

 

Topi Renang

Terkadang klorin dari air kolam renang masih bisa mengenai mata melalui rambut walaupun sudah mengenakan kacamata renang. Apabila Anda ingin menghindari klorin masuk ke mata lebih maksimal, sebaiknya Anda memakaikan topi renang pada anak. Khususnya pada anak perempuan yang berambut panjang, rambut akan lebih rawan mengenai mata.

Topi renang umumnya memiliki bahan yang elastis sehingga dapat melar untuk menutupi rambut anak yang panjang sekalipun. Rambut yang basah dapat menyebabkan gerakan kepala lebih berat dan semakin lama akan mengganggu kenyamanan sang anak dalam berenang.

 

Ban dan Papan Pelampung

Peralatan renang ini cukup penting untuk anak ketika berenang, terutama jika anak Anda masih pemula dalam berenang atau umurnya masih sangat kecil. Ban dan papan pelampung memiliki persamaan sekaligus sedikit perbedaan fungsi. Persamaannya, kedua peralatan renang anak ini sama-sama memiliki fungsi menjaga anak agar tetap terapung di dalam air walaupun belum terlalu menguasai teknik renang. Perbedaannya terdapat pada fungsi dari kedua benda tersebut. Ban hanya berfungsi untuk mengapung, sedangkan fungsi papan pelampung selain untuk mengapung juga untuk melatih kekuatan kaki.

 

 

Hand Paddle

peralatan renang

Peralatan renang anak yang satu ini memiliki fungsi untuk melatih kekuatan tangan saat berenang. Hand paddle sebenarnya tidak hanya dibutuhkan anak-anak, namun juga dapat digunakan orang dewasa. Ketika anak belajar melakukan gaya bebas, hand paddle sangat berguna untuk melatih kemampuan gerakan tangan. Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan telapak tangan ke dalam hand paddle lalu Anda dapat berenang seperti biasa.

 

Fins atau Kaki Katak

Perlengkapan renang anak selanjutnya yang perlu Anda siapkan adalah kaki katak. Kaki katak berbentuk seperti sepatu biasa namun memiliki ujung yang lebih panjang dan melebar. Terdapat berbagai macam kaki katak yang memiliki fungsi berbeda-beda. Kaki katak untuk berenang di kolam renang berbeda dengan kaki katak untuk berenang di laut. Anda cukup menggunakan kaki katak yang pendek saja ketika berenang di kolam renang.

Manfaat menggunakan kaki katak dapat membuat anak berenang lebih cepat ketika menggunakan teknik renang gaya bebas. Kaki katak akan membuat lebih berat untuk menendang, tetapi sekali tendangan dapat membuat melesat lebih jauh daripada tanpa menggunakan kaki katak.

 

Pull Buoy

Selain hand paddle, terdapat peralatan renang anak yang memiliki fungsi melatih tangan saat berenang juga, terutama ketika digunakan untuk berenang gaya kupu-kupu. Ketika berenang dengan gaya kupu-kupu, kaki cenderung mudah tenggelam. Apabila menggunakan pull buoy, kaki akan tetap terangkat. Cara menggunaka pull buoy adalah dengan menjepitkan pull buoy di antara kedua paha, sehingga Anda tak perlu khawatir kaki akan turun.

Membiasakan pemakaian pull buoy pada anak dapat melatihnya mempraktikkan gaya kupu-kupu yang benar sejak kecil. Sehingga kaki si kecil pun terbiasa untuk terangkat lurus.

 

Handuk

Selain menggunakan sunblock sebagai proteksi anak sebelum berenang, handuk juga termasuk proteksi anak ketika setelah berenang. Memakai baju yang basah terlalu lama setelah berenang dapat mengakibatkan anak sakit. Penting untuk langsung memakaikan handuk pada anak setelah selesai berenang. Jangan biarkan anak menunggu dengan kondisi basah kuyup atau sampai menggigil. Handuk yang digunakan harus dapat menyerap air dengan baik.

 

Peralatan Mandi

Selain mengandung klorin, terdapat banyak sekali kotoran dan bakteri yang ada di kolam renang terutama kolam renang umum pasti kuman dan bakteri dari banyak orang sudah berkumpul menjadi satu. Penting untuk membersihkan kotoran yang menempel tersebut dari tubuh anak, membilas dengan air saja tidak cukup. Anda dapat membawa sabun dan shampo dalam kemasan ekonomis agar praktis dibawa kemana-mana.

 

Pakaian Ganti

Jangan sampai lupa membawa pakaian ganti setelah berenang. Bawalah baju dan celana biasa yang kering agar tubuh anak menjadi hangat kembali setelah kedinginan berenang.

 

Peralatan renang pada anak wajib untuk Anda lengkapi. Selain sebagai kenyamanan anak ketika berenang agar bisa lebih bergerak bebas. Peralatan renang juga menjadi faktor penting keselamatan anak ketika berada di kolam renang. Jangan remehkan kelengkapan peralatan renang ya.

Berenang di kolam renang umum tentu mengasyikkan. Namun, akan lebih menyehatkan lagi ketika Anda memiliki kolam renang sendiri di rumah. Karena kolam renang umum terdapat banyak sekali bakteri dari orang lain yang bercampur menjadi satu walaupun sudah sering dibersihkan. Dengan memiliki kolam renang sendiri walau berada di lahan sempit, Anda dapat memantau sendiri keamanan kolam renang yang akan anak Anda gunakan untuk berenang.

Apabila Anda sedang mencari kontraktor kolam renang Jakarta yang dapat membantu Anda membangun kolam renang, Anda dapat hubungi Idealpools. Kontraktor kolam renang Jakarta Idealpools ini terbukti selama bertahun-tahun membangun kolam renang yang bagus, awet, dan tahan lama tentunya dengan harga yang menarik. Idealpools juga menyediakan jasa perawatan kolam renang dan menjual berbagai bahan-bahan pembuatan kolam renang. Anda dpat menghubunginya di idealpools.id.