Desain kolam renang indoor paling memukau

Permasalahan dan Cara Memperbaiki Filter Kolam Renang yang Rusak

Permasalahan dan Cara Memperbaiki Filter Kolam Renang yang Rusak

Cara memperbaiki filter kolam renang yang rusak harus diperhatikan agar apabila terjadi masalah pada kolam renang, Anda tahu bagaimana menanggulanginya. Filter kolam renang sendiri merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah kolam renang. Filter diibaratkan sebagai organ ginjal pada tubuh manusia yang berfungsi menyaring setiap kotoran yang masuk.

Tanpa adanya filter, air di dalam kolam renang tersebut tidak akan jernih dengan maksimal. Anda perlu memperhatikan kondisi dari filter pada kolam renang tersebut agar mampu menepis setiap kotoran yang masuk ke dalam kotoran secara optimal.

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi filter kolam renang yang rusak, Anda perlu mencari tahu apa saja tipe-tipe filter berikut ini!

Tipe-Tipe Filter Kolam Renang

Sebelum kita mencari tahu cara memperbaiki filter kolam renang yang rusak, Anda perlu mengetahui beberapa tipe filter berikut ini:

  1. Sand Filter

Sand filter adalah jenis filter yang memakai media penyaringan pasir khusus yang  dapat menyaring hingga 20-30 mikron. Filter ini merupakan yang paling banyak digunakan pada kolam renang di Indonesia.

Fungsi sand filter pada kolam renang

  1. Cartridge

Tipe filter yang satu ini menggunakan sekat-sekat atau celah-celah kecil yang dapat menyaring air dan dan menangkap kotoran berukuran 10-20 mikron.

cara memperbaiki filter kolam renang

  1. E (Diatomeceous Earth)

Filter yang satu ini punya prinsip yang hampir sama dengan sand filter, hanya saja media filternya berbeda. Pada D.E digunakan semacam serbuk yang disebut dengan Diatomeceous earth. Filter ini sanggup menyaring 1-13 partikel.

Permasalahan pada Filter Kolam Renang dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi pada filter kolam renang. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu bagaimana cara memperbaiki filter kolam renang yang rusak tersebut.

  1. Bocor pada Filter

Permasalah yang sering terjadi pada filter kolam renang adalah masalah kebocoran. Indikasi kerusakan tersebut dapat terlihat dari adanya tetesan dari filter pada saat sirkulasi berjalan. Cara memperbaiki kerusakan ini adalah cari tahu letak kebocoran tersebut. Apabila Anda menemukan kebocoran yang cukup besar, Anda harus mengganti tabung filter tersebut.

Jika ternyata rembesan tersebut berasal dari celah antara penutup dan tabung filter, Anda perlu membersihkan jalur pengunci tutup filter, berikan pelumas pada bagain o-ring, dan aturlah kembali pada posisi semula.

  1. Siklus Pemfilteran Terlalu Cepat atau Sebaliknya

Permasalahan ini terjadi karena filter tidak bisa bekerja secara optimal. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu melakukan backwashing pada filter berulang kali sampai Anda dapat melhat air jernih mengalir melalui tabung kontrol.

  1. Ada Meterial dari Filter yang Masuk ke dalam Kolam Renang

Jika Anda menemukan material dari filter yang masuk ke dalam kolam renang, hal ini  bisa jadi salah satu indikasi bahwa filter tersebut sedang bermasalah. Hal ini pada umumnya terjadi pada filter kolam renang tipe D.E dan sand filter. Jika Anda menemukan media filter pasir yang terbawa oleh aliran air menuju kolam renang secara terus-menerus, maka Anda harus mewaspadai kerusakan pada filter kolam renang tersebut.

Anda perlu memeriksa bagian pipa dari sand filter tersebut untuk melihat apa ada kerusakan. Apabila terjadi keretakan pada bagian tersebut atau pada struktur filter, maka Anda perlu mengganti bagian yang retak tersebut.

  1. Indikator Tekanan yang Kurang Tepat

Pada setiap filter terdapat indikator yang telah terinstal. Anda perlu memperhatikan indikator pada filter tersebut pada saat perawatan maupun checklist harian dilakukan. Untuk memudahkan Anda dalam memeriksa indikator tekanan pada filter, Anda dapat menggunakan jasa perawatan kolam renang yang sudah berpengalaman.

Indikator tekanan yang berada kondisi yang baik-baik saja hanya akan menunjukkan tekanan normal, yakni tinggi atau rendah saja. Namun apabila indikator tersebut tidak dapat menunjukkan tekanan yang tepat, maka bisa jadi indikator tersebut bermasalah. Penyebabnya bisa karena sumbatan atau gumpalan. Jika indikator menunjukkan tekanan yang terlalu tinggi, kemungkinan sumbatan berasal dari sistem setelah indikator terinstal. Sebaliknya, jika indikator menunjukkan tekanan yang terlalu rendah, maka gumpalan mungkin saja berasal dari sistem pemipaan sebelum posisi filter. Untuk itu, Anda perlu memeriksa apakah ada sumbatan. Anda juga dapat menutup katup return dan mencoba membuang sumbatan tersebut.

Apabila Anda masih bingung bagaimana cara memperbaiki filter kolam renang yang rusak, silakan hubungi Ideal Pools. Kami bukan hanya kontraktor kolam renang saja, namun kami juga berpengalaman dalam memperbaiki berbagai komponen penting pada kolam renang, termasuk filter kolam renang. Segera hubungi kami di nomor HP +62 813 1889 3311 atau ke alamat email kami di idealpool@yahoo.com . Kami siap memberikan pelayanan terbaik dan garansi pasti untuk Anda.