Sejarah Kolam Renang di Dunia

Sejarah Kolam Renang di Dunia

Kali ini Idealpools akan membahas tentang sejarah kolam renang di dunia. Penasaran? simak artikel berikut ini.

Kolam renang, setidaknya lubang air buatan manusia ini digunakan untuk mandi dan berenang pertama kali sejak 2600 tahun sebelum Masehi. Konstruksi kolam renang rumit pertama yg dibuat munkin adalah The Great Baths of Mohenjodaro, sebuah situs pemandian kuno dan rumit di Pakistan yang terbuat dari batu bata dan ditutupi plester, dengan dek bertingkat yang tidak akan terlihat tidak sperti kolam renang modern. Namun, situs di Mohenjodaro itu mungkin tidak digunakan untuk berenang biasa. Para ahli percaya bahwa kolam renang purbakala itu digunakan dalam ritual upacara keagamaan.

Kolam Renang Kuno di Berbagai Belahan Dunia

Sejarah mencatat banyak kolam renang muncul di seluruh peradaban dunia kuno. Seperti di peradaban Yunani dan Romawi. Di Roma dan Yunani, berenang adalah bagian dari pendidikan anak laki-laki usia sekolah dasar dan orang Romawi lah yang membangun kolam renang pertama (dengan fungsi terpisah dari kolam pemandian).

Sejarah Kolam renang air panas pertama dibangun oleh Gaius Maecenas dari Roma pada abad pertama sebelum masehi. Gaius Maecenas adalah penguasa Romawi yang kaya dan dianggap sebagai salah satu pelindung seni pertama — ia mendukung penyair terkenal Horace, Virgil, dan Propertius, memungkinkan mereka untuk hidup dan membuat syair tanpa takut akan kemiskinan.

Desain Kolam di kerajaan Romawi mencapai puncaknya dengan pembangunan kapal 900.000 kaki persegi pada tahun 305 Masehi. Hingga kini, reruntuhan pemandian Romawi masih dapat dilihat di Eropa dengan ubin dan karya batu yang sangat indah.

Kolam renang telah mengalami perubahan besar dari pemandian roman sederhana ke kolam renang halaman belakang yang beragam hari ini. Kolam renang adalah salah satu inovasi terbesar dan langkah evolusi utama telah mengubah pemandian roman sederhana menjadi badan air yang indah seperti sekarang ini.

Sejarah Lonjakan Popularitas Kolam Renang

Namun, kolam renang tidak menjadi populer sampai pertengahan abad ke-19. Pada 1837, enam kolam renang indoor dengan papan selam dibangun di London, Inggris. Setelah Olimpiade modern dimulai pada tahun 1896 dan lomba renang adalah salah satu cabang perlombaan awal. Sejak saat itu popularitas kolam renang mulai menyebar ke penjuru dunia modern.

Sejarah Kolam renang umum tertua yang dikenal di tanah di Amerika Serikat dibangun di Belmont, Massachusetts pada tahun 1912, dan setelah itu, kolam renang mulai tumbuh di seluruh negara. Ketertarikan dalam berenang sebagai olahraga kompetitif semakin populer di AS setelah Perang Dunia I. Mereka menjadi sangat populer sebagai perlengkapan rumah mewah setelah Perang Dunia II ketika film-film Hollywood umumnya menggambarkan aktor dan aktris terkenal yang menikmati berjemur di tepi kolam renang di bawah sinar matahari atau berenang di sore hari .

Pada abad ke-20, sejumlah lompatan dalam sains dan teknologi membawa kolam renang ke tingkat yang baru. Di antara perkembangannya, sistem klorinasi dan filtrasi yang mengantarkan air bersih ke kolam. Sebelum perkembangan ini, satu-satunya cara untuk membersihkan kolam adalah dengan mengangkat dan mengganti semua air.

Kemajuan Teknologi Kolam

Setelah berakhirnya perang dunia II, renang menjadi simbol status. Sejarah kolam renang dianggap sebagai kemewahan dan ada pembangun massal yang membuat kolam yang ikonik. Kolam renang Antony, kolam sylvan, dan paddock adalah di antara para arsitek kontraktor kolam renang yang membuat desain kolam renang untuk memenuhi permintaan tinggi akan kolam renang. Bahan utama yang digunakan untuk membangun kolam adalah gunite dan beton. Gunite ditemukan pada 1910 Allen town Penn oleh Carl E Akley. Gunite memungkinkan pembangunan kolam dengan murah dan cepat dan itu membuatnya terkenal dan digunakan untuk berbagai keperluan. Gunite digunakan untuk memperbaiki jalan, jembatan, waduk dan digunakan di militer selama perbaikan.

Ketika perang usai, Gunite menjadi lebih terkenal karena lebih murah dan mudah digunakan dan itu mendorong industri renang lebih jauh. Pemilik rumah kelas menengah kini dapat memiliki rumah dan yang memicu lebih banyak inovasi.

Pada tahun 1948 salah satu arsitek utama Thomas Church mendesain kolam Donnell yang merupakan salah satu kolam paling berpengaruh yang terletak di Sonoma Calif. Kolam ini memiliki desain multi-radius dan yang memunculkan kolam-kolam modern berbentuk ginjal.

Industri kolam tumbuh dan membawa pakaian renang wanita dua potong. Bikini muncul dari kebutuhan untuk melestarikan kain selama perang. Pada tahun 1947 rekreasi doughboy mulai dijual di atas kit kolam renang. Setelah itu, shell pool fiberglass single piece pertama kali dibuat. Itu menyebabkan proliferasi kolam yang dibangun dengan bahan alternatif.

Kolam Renang Saat ini

Saat ini, tidak jarang melewati lingkungan yang dipenuhi dengan kolam perumahan, dengan kolam komunitas tambahan di pusatnya. Diperkirakan ada lebih dari 8 juta kolam renang di Amerika Serikat, termasuk kolam perumahan dan komersial, dan kolam perumahan di dalam dan di atas tanah.

baca juga 7 Tips Belajar Berenang Untuk Orang Dewasa

Hubungi Idealpools Untuk Solusi Kontraktor Kolam Renang

Anda yang ingin menggunakan jasa kontraktor untuk pembuatan kolam renang pilihlah jasa yang All in One. Yang dimaksud dengan All in One ini adalah mereka tidak hanya menawarkan jasa pembuatan kolam renang saja, namun mereka juga menawarkan jasa perawatan kolam renang, jasa perbaikan kolam renang, dan juga melayani pembelian alat-alat yang dibutuhkan kolam renang Anda. Dengan jasa All in One ini Anda akan mendapatkan kolam renang terbaik sekaligus mendapatkan perawatan yang terbaik pula. Tidak hanya itu saja jika Anda mempercayakan semua urusan kolam renang Anda pada satu agen atau jasa biaya yang Anda keluarkan akan lebih terjangkau.