Teknik Pengurasan Kolam Renang , Pembersihannya dan Pengisian Ulang

Teknik Pengurasan Kolam Renang , Pembersihannya dan Pengisian Ulang

Teknik pengurasan kolam renang, pembersihan, dan juga pengisian ulang perlu diperhatikan oleh Anda yang punya kolam renang di rumah. Semakin hari, kondisi air kolam renang akan menjadi kotor dan bahan kimianya pun tidak efektif lagi. Karena itulah, pengurasan kolam renang perlu dilakukan agar air kolam yang sudah tidak jernih bisa diganti. Berikut ini cara pengurasan kolam renang, pembersihan, dan pengisian ulang yang perlu Anda ketahui:

Menguras Kolam Renang

  1. Siapkan Pompa Bawah Air (Submersible Sump Pump)

Sebelum Anda menguras air kolam renang, Anda perlu menyiapkan pompa bawah air atau submersible sump pump. Jika Anda memutuskan untuk menyewa pompa ini, biasanya sudah termasuk selang karet yang panjangnya 15 meter. Agar Anda tidak kerepotan dalam mempersiapkan pompa tersebut, percayakan pada kontraktor kolam renang yang sudah berpengalaman. Mereka akan membantu Anda menyiapkan berbagai peralatan untuk menguras kolam renang di rumah Anda.

  1. Siapkan Pompa dan Selang Air Keluar

Anda perlu menyiapkan pompa dan selang air keluar untuk mengalirkan air kolam langsung ke saluran pembuangan. Nantinya pipa akan mengarahkan air tersebut ke selokan.

  1. Masukkan Pompa ke Dalam Kolam Renang

Teknik pengurasan kolam renang yang selanjutnya adalah memasukkan pompa ke dalam kolam renang. Sebelum menghidupkan pompa yang telah dimasukkan ke dalam kolam renang tersebut, pastikan pipa sudah terpasang dengan baik dan ujung pipa yang satunya sudah menempel pada saluran keluar.

  1. Awasi Keluarnya Air dari Kolam Renang dengan Seksama

Dalam menguras air kolam renang, Anda harus memperhatikan keluarnya air dari kolam renang tersebut dengan seksama. Anda perlu melakukan hal ini agar air yang dikeluarkan dari kolam renang tidak mengganggu aliran air ke selokan. Hal ini mengingat air yang keluar dari kolam renang akan dialirkan langsung ke selokan sehingga bila air yang dikeluarkan tersebut jumlahnya berlebihan maka aliran selokan pun akan terganggu.

  1. Biarkan Pompa Mengeluarkan Hampir Seluruh Air

Selanjutnya Anda harus menunggu pompa mengeluarkan hampir seluruh air. Kontur kolam di ujung kedalamannya mempengaruhi jumah air yang bisa dipompa keluar.

  1. Kuras Sisa Air yang Terakhir Secara Manual

Setelah air di kolam renang kurang lebih tersisa 30 cm, Anda perlu menguras air tersebut secara manual dengan menggunakan ember. Teknik pengurasan kolam renang ini perlu dilakukan untuk memastikan seluruh air kolam dapat dikeluarkan.

baca juga : 5 Tips Membuat Kolam Renang Lama Tampak Baru dan Memukau

Teknik Pengurasan Kolam Renang , Pembersihannya dan Pengisian Ulang

Membersihkan Kolam Renang

 

  1. Bersihkan Kolam Renang dengan Menyemprotkan Selang

Jika air dalam kolam renang telah terkuras, selanjutnya Anda dapat meneruskannya dengan proses pembersihan kolam renang dengan cara menyemprotkan selang. Hal ini baik untuk dilakukan terutama bila Anda memiliki sistem pembersihan bawah lantai kolam renang. Jika Anda kesulitan membersihkan kolam renang tersebut, Anda dapat meminta tips perawatan kolam renang dari penyedia jasa perawatan kolam renang yang sudah berpengalaman.

  1. Bersihkan Kalsium atau Cincin Kerak Air

Tahapan selanjutnya adalah membersihkan kalsium atau cincin kerak air yang ada di kolam renang. Untuk itu, Anda dapat menggunakan pembasmi kalsium yang dikenal dengan CLR (Calcium, Lime, and Rest remover). Setelah itu, bersihkan dengan kape atau pisau dempul secara hati-hati agar lapisan kolam tidak rusak.

  1. Lakukan Pencucian dengan Menggunakan Asam Kolam Renang

Untuk menjaga air kolam renang terlihat jernih, Anda perlu melakukan pencucian dengan menggunakan asam kolam renang.

Pengisian Ulang Kolam Renang

  1. Perkirakan Waktu Pengisian Ulang dengan Pompa dalam Rumah

Anda harus memperhatikan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang kolam renang yang dilakukan dengan pompa dalam rumah.

  1. Isi Kolam Renang

Selanjutnya, hubungkan selang taman ke keran-keran yang tersedia dan masukkan ke dalam kolam. Anda perlu melakukan proses pengisian ulang sedikit demi sedikit untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Tunggu Hingga Air Mengendap

Biarkan air kolam mengendap untuk menguji alkalinitas air, pH, serta kekerasan kalsium. Hal ini perlu dilakukan sebelum Anda memasukkan klorin, asam sianurat (CTA/Cyanuric Acid), atau garam ke dalam kolam renang tersebut.

Itulah berbagai teknik pengurasan kolam renang, pembersihan, dan juga pengisian ulang pada sebuah kolam renang. Anda dapat mempercayakan proses pengurasan, pembersihan, dan pengisian ulang kolam renang pada Ideal Pools. Kami adalah penyedia jasa pembuatan dan perawatan kolam renang yang telah berpengalaman dalam melakukan pengerjaan pengurasan kolam renang, pemeliharaan, dan juga pengisian kembali kolam renang sehingga air kolam renang Anda selalu terjaga kejernihannya. Silakan hubungi nomor HP +62 813 1889 3311 untuk langsung berhubungan dan berdiskusi mengenai masalah terkait kolam renang Anda. Anda juga dapat menghubungi email kami di idealpool@yahoo.com