Tips Instalasi Listrik Kolam Renang Dengan Baik

3 Pilihan Keramik yang Cocok Untuk Kolam Renang Rumah

Instalasi listrik kolam renang- Membuat atau merancang kolam renang, ternyata tidak berhenti pada masalah desain, konstruksi, ataupun material bangunan. Melainkan juga pada sistem elektrikal atau listrik. Dalam kolam renang, terdapat komponen-komponen listrik yang juga berpengaruh terhadap operasi kolam renang.

Setidaknya terdapat tiga komponen dalam kolam renang yang membutuhkan  listrik, yaitu pompa, lampu dalam air atau underwater light, dan terakhir adalah sistem pencahayaan kolam renang. Masing-masing komponen tersebut memiliki fungsi dan juga cara instalasi masing-masing. Berikut akan dijelaskan tips instalasi setiap komponen listrik kolam renang beserta dengan fungsi-fungsinya.

1. Pompa

Instalasi listrik kolam renang yang pertama adalah pada komponen pompa air kolam renang. Pompa sendiri memiliki fungsi yang sangat vital dalam operasional kolam renang. Pompa berfungsi untuk menjaga sirkulasi air agar dapat berjalan dengan baik sehingga kualitas air dapat terjaga. Agar pompa memiliki performa maksimal, Anda perlu menentukan berapa kapasitas daya pompa saat instalasi. Hal yang perlu Anda perhitungkan, pertama, kubikasi atau volume air. Untuk menghitung kubikasi air, Anda dapat menggunakan rumus umum menghitung volume balok yaitu dengan mengalikan panjang, lebar, dan juga tinggi (p x l x t). Kedua, flow rate. Flow rate adalah kemampuan pompa dalam mengalirkan alir dalam kala tertentu. Dan terakhir adalah kecepatan sirkulasi air. Pompa sebagai sistem sirkulasi memerlukan perawatan yang baik. Jasa perawatan kolam renang yang saat ini banyak ditemukan dapat membantu Anda jika Anda tidak memiliki waktu luang.

Kontraktor Kolam Renang Bogor Terbaik dan Berpengalaman Selama Belasan Tahun

 

2. Lampu Dalam Air (Underwater Light)

Komponen kedua adalah lampu dalam atau bawah air (underwater light). Fungsi dari lampu dalam air adalah untuk menambah pencahayaan pada kolam renang di malam hari serta menambah keindahan pada kolam renang. Biasanya, lampu yang digunakan sebagai untuk kolam renang adalah lampu khusus yang kedap atau tahan air.  Jenis underwater light juga beragam, ada yang cara pemasangannya ditempel, ada juga yang ditanam. Lampu tempel biasanya memerlukan komponen lain berupa fisher. Sedangkan lampu tanam biasanya akan dipasang dengan cara dicor pada dinding kolam.

Umumnya, lampu dalam air ini berbentuk bulat dan memiliki diameter luar 27cm serta dalam 20 cm. Kemudian kabel yang diperlukan biasanya 2m. Kabel ini biasanya sudah diberikan satu paket dengan lampu. Untuk dayanya, lampu tempel biasanya menghabiskan daya 100 watt dan tegangan 12 volt. Sedangkan lampu tanam mengabiskan daya 300 watt dan tegangan 24 volt. Lampu dalam air setidaknya dipasang 60 cm dihitung dari pool deck. Cara instalasi lampu dalam air adalah sebagai berikut.

  1. Tambahkan pelapis pada lampu.
  2. Kedua, bor dinding yang akan dijadikan sebagai tempat lampu untuk memasang baut. Pastikan lubang dibuat sesuai dengan ukuran baut. Jangan sampai melebihi diameter baut atau lebih kecil dari diameter baut. Hal ini dimaksudkan agar baut menempel dengan sempurna. Saat memasang kabel, sebaiknya Anda ditarik dari arah dalam dinding kolam. Hal ini untuk mencegah kerusakan saat di luar dingin. Kemudian untuk kabel bawaan dalam posisi gulungan, sebaiknya Anda barkan dalam posisi melingkar atau jangan diikat apalagi dipotong. Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan perawatan.
  3. Setelah lampu pada dinding selesai. Selanjutnya sambungkan pangkal kabel ke tee dus. Tutup dengan selotip agar tidak mudah tergores dan kena air. Selanjutnya, pastikan Anda menutup tee dus dengan baik dan rapat.
  4. Setelah masalah kabel lampu dan juga tee dus selesai, langkah selanjutnya adalah meyambungkan kabel dengan trafo.
  5. Dan langkah terakhir, sambungkan ke sumber listrik.

Kontraktor Kolam Renang Idealpools 25-min-ink

 

3. Lampu Penerangan

Komponen sistem elektrikal dalam instalasi listrik kolam renang yang terakhir adalah lampu penerangan. Lampu penerangan pada dasarnya digunakan untuk memberikan pencahayaan di luar kolam seperti, decking dan seluruh area kolam rennag. Selain itu, lampu penerangan juga dapat digunakan untuk menambah estetika kolam renang jika pemilihan dan penempatan dilakukan secara tepat.

Tiga cara instalasi listrik kolam renang tersebut dapat Anda aplikasikan jika Anda sudah mulai merancang kolam renang pribadi Anda. Namun jika Anda merasa kesulitan, Anda dapat menggunakan jasa kontraktor kolam renang yang saat ini mulai banyak ditemukan. Salah satunya adalah Idea Pools. Idea Pools akan membantu Anda untuk membuat, merawat dan juga merenovasi kolam renang sesuai dengan keinginan Anda.